English English Indonesian Indonesian
oleh

200 Kapal Meriahkan Pembentangan Bendera Merah Putih di Tangkulara

FAJAR, BONE — Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel meramaikan semarak kemerdekaan dengan berpartisipasi dalam kegiatan pembentangan bendera merah putih di Gusung Tangkulara.

Gelaran yang dihadirkan tim 7 bersama Kecamatan Tanete Riattang Timur ini dilaksanakan, Selasa, 27 Agustus 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-79 RI tahun 2024.

Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah promosi wisata bahari daerah Bumi Arung Palakka. Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Nur Ichsan menyampaikan, inti pesan pelaksanaan kegiatan pembentangan bendera merah putih ini dalam rangka menyemarakkan bulan kemerdekaan.

Sebagai generasi penerus bangsa, tentu harus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif. Pesan itu tersirat dalam perjuangan rombongan menuju Gusung Tangkulara, di mana sebelum tiba di lokasi tujuan untuk melakukan pembentangan bendera berukuran 79 meter harus merasakan perjuangan.
Rombongan berupa kurang lebih 200 kapal berukuran besar dan kecil merasakan ombak lautan yang datang melanda.

“Kegiatan ini bukan saja dari unsur pemerintah, TNI, Polri, tetapi masyarakat dan nelayan di Bajoe juga ikut meramaikan kegiatan ini,” tutur Danyon bergelar Magister Sains ini.

Terlihat kegiatan ini dihadiri Pj Bupati Bone, Andi Winarno Eka Putra, Kapolres Bone, AKBP Erwin Syah, dan Dandim 1407/Bone, Letkol Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar. Daya tarik Tangkulara yang menjadi lokasi kegiatan, yakni menyajikan gundukan atau gusung pasir putih.

Wilayah ini sudah sejak dahulu menjadi tempat membersihkan kerak karang yang menempel di badan perahu sekaligus melepas lelah para nelayan Bugis dan Suku Bajo ketika melaut.

News Feed