English English Indonesian Indonesian
oleh

Diserang Roket Hizbullah, Israel Tetapkan Status Darurat

Juru bicara militer Israel (IDF), Daniel Hagari, mengatakan sejumlah jet tempur telah menyerang Lebanon untuk “secara proaktif menyingkirkan ancaman” dari Hizbullah.

“Beberapa waktu lalu, [militer Israel] mengidentifikasi organisasi teroris Hizbullah yang bersiap menembakkan rudal dan roket ke wilayah Israel,” ucap Hagari dalam pernyataannya.

“Dalam tindakan membela diri untuk menyingkirkan ancaman ini, [militer Israel] menyerang target teror di Lebanon, tempat Hizbullah berencana untuk meluncurkan serangan mereka terhadap warga sipil Israel,” ujar Hagari menambahkan seperti dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, stasiun TV Al Maydeen Lebanon melaporkan bahwa “balasan besar” oleh Hizbullah juga sedang berlangsung ke wilayah utara Israel.

“Lebih dari 70 roket ditembakkan dari Lebanon ke arah al-Jalil barat, bersamaan dengan serangan udara dari beberapa lokasi,” kata Al Mayadeen.

Stasiun televisi itu bahkan menuturkan rudal Hizbullah menargetkan wilayah “jauh di dalam” Galilea barat dan Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Tel Aviv.

Aksi saling serang ini pun membuat Israel mengaktifkan sistem pertahanan udara Irone Dome dan memicu sirene di penjuru utara Israel terus meraung-raung. Militer Israel pun telah menginstruksikan warga di Israel Utara untuk berlindung di shelter-shelter yang telah disiapkan. (bs/zuk)

News Feed