English English Indonesian Indonesian
oleh

KPU Pinrang Buka Pendaftaran Pasangan Calon, Tegaskan Ikut Putusan MK

HARIAN.FAJAR.CO.ID, PINRANG –– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pinrang resmi akan membuka pendaftaran calon kepala daerah yang berlangsung pada 27-29 Agustus 2024.

KPU RI telah mengambil sikap untuk pelaksanaan pendaftaran pasangan calon di Pilkada 2024 akan melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi atau MK.

Ketua KPU Pinrang Ali Jodding menjelaskan bahwa berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Pinrang Nomor 714 Tahun 2024 mengenai penetapan syarat minimal suara sah parpol atau gabungan parpol peserta Pilkada 2024 untuk mengajukan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pinrang 2024 menyatakan syarat minimal suara sah 19.929.

“Diangka 19 ribu suara sah. Misalnya, Demokrat diatas 20 ribu (suara sah) dengan perolehan tiga kursi,” jelas Ali Jodding.

Ali Jodding mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi putusan MK sehingga untuk Pilkada Pinrang berpotensi pasangan bakal calon kepala daerah masih bertambah.

Menurut Ali Jodding putusan MK juga sangat sangat memudahkan orang untuk bertarung di Pilkada serentak 2024 ini.

“Masih bisa saja. Kita berhitung suara sah bukan lagi hitungan kursi. (Suara sah) 8,5 persen tidak sampai 10 persen. Bisa 11 calon,” ungkapnya.

Diketahui, saat ini telah mengerucut tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Pinrang. Mereka adalah, Andi Irwan Hamid-Sudirman Bungi yang dijadwalkan akan mendaftar di KPU Pinrang pada Rabu 27 Agustus.

Selanjutnya di hari yang sama ada pasangan Ahmad Jaya Baramuli-Abdillah Natsir yang juga akan mendaftar di Pilkada Pinrang.

“Untuk Partai Nasdem dijadwalkan pada Rabu, 28 Agustus pada pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Di jam kedua 12.00 WIB sampai 14.30 WIB dari pasangan JADI,” ungkap Ali Jodding.

News Feed