English English Indonesian Indonesian
oleh

Menanam Aneka Sayuran, Murid SD Inpres Baraya 1 Lakukan Pembelajaran P5

FAJAR, MAKASSAR — Murid-murid SD Inpres Baraya 1 Makassar belajar menanam bibit sayuran, Sabtu, 24 Agustus 2024. Seperti timun, kangkung, selada, bayam, dan sawi.

Untuk menggerakkan kegiatan penanaman bibit sayuran ini, peserta didik dibimbing oleh wali kelas.

Wali Kelas 1B, Nurbaya, SPd, mengatakan, pembelajaran dalam  rangka mengembangkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah. Khusus menanam bibit sayuran dilakukan oleh murid kelas 1 dan 2.

“Kita mengenalkan macam-macam tanaman sayuran kepada anak-anak. Pekan ini khusus projek menanam. Semoga semua tanaman tumbuh subur,” ucap Nurbaya.

Kegiatan ini cukup seru. Pagi hari, giliran kelas 1B dan 2B. Murid-murid didampingi oleh orang tua mereka. Dari rumah, murid membawa sekantong tanah, lembaran polibag, dan bibit sayuran sesuai dengan pembagian kelompok.

Mereka menaruh tanah ke dalam polibag, lalu menuangkan bibit sayuran, kemudian menutupnya kembali dengan tanah. Setelah itu, tanaman disiram air. Murid-murid kemudian menandai karya mereka dengan menempelkan label nama kelompok.

“Jadi kegiatan ini dilakukan oleh murid-murid kelas 1A, 1B, 1C, lalu kelas 2A, 2B, dan 2C. Mereka diberikan tugas yang paling mudah dahulu, yakni menanam,” terang Nurbaya.

Orang tua murid pun ikut senang. Beberapa di antara mereka, mengaku bahwa ini adalah kali pertama pelajaran P5 melakukan kegiatan menanam bibit sayuran. “Tahun lalu belum ada. Jadi kita ikut bantu anak-anak menanam bibit sayurannya,” ucap salah seorang wali murid.

News Feed