English English Indonesian Indonesian
oleh

Dosen Akuntansi PNUP Latih Literasi Keuangan Anak Jalanan di Rumah Belajar Cinta Damai Parepare

FAJAR, MAKASSAR — Dosen Ekonomi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), yakni Rastina, SE, MSi, Ak (Ketua tim) bersama anggota Hasiah, SE, MCom, Ak; Dr Muhammad Ishlah, SE, MSi, CRP, CRA, CR, MP; dan Anna Sutrisna, SE, MSA; serta dua mahasiswa, Raynaldo Yusuf Pongmerun dan Andi Muh Saputra kembali memberikan literasi keuangan kepada masyarakat.

Kali ini menyasar anak jalanan di Rumah Belajar Cinta Damai Parepare, Sabtu, 13 Juli 2024.

Tujuan akhir kegiatan ini yakni memberikan pengetahuan tentang  mengelola keuangan pribadi. Sehingga dapat membelanjakan pendapatan, saving, investasi, dan belanja dengan skala prioritas.

Lalu bagaimana mengelola keuangan sehingga bisa seimbang antara pendapatan dan pengeluaran sehingga bisa juga menabung.

Ketua Tim sekaligus barasumber, Rastina, SE, MSi, Ak, mengatakan, pelatihan literasi keuangan materi ini memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan tentang pengelolaan keuangan.

Kegiatan PKM ini terkait dengan mata kuliah Akuntansi Dasar yang dapat dikaitkan dengan MBKM.

“Dimana dengan mahasiswa diikutkan dalam kegiatan ini, maka mahasiswa melaksanakan project-based learning,” ucapnya.

Tujuan kegiatan PKM ini juga terkait dengan IKU Institusi nomor 2 (IKU 2) mengenai mahasiswa berkegiatan atau meraih prestasi di luar program studi.

“Khususnya poin 2 yaitu proyek sosial atau pengabdian kepada masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat di daerah terpencil dalam membangun ekonomi rakyat, infrastruktur, dan lain-lain,” ucapnya.

Lalu poin 8 yaitu kegiatan sosial/pengabdian kepada masyarakat yang merupakan program perguruan tinggi untuk sebuah yayasan atau organisasi kemanusiaan.

News Feed