English English Indonesian Indonesian
oleh

Jelang Hadapi Dewa United, Stamina Pemain PSM Terkuras

MAKASSAR, FAJAR – Pemain PSM perlu pemulihan. Tenaga terkuras karena mengikuti dua kompetisi.

Usai laga imbang kontra BG Pathum pada ASEAN Club Championship (ACC) di kandang sendiri, PSM Makassar langsung melakukan recovery. Itu dilakukan demi memastikan kebugaran pemain tetap terjaga.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menegaskan, pihaknya akan melakukan persiapan lebih jauh untuk menyambut laga kontra Dewa United, Senin, 26 Agustus. Akan tetapi, pemainnya kelelahan setelah menjalani laga dengan intensitas tinggi.

”Ini laga yang melelahkan. Pemain terkuras staminanya karena transisi cepat dan intensitas tinggi. Kami akan kembali mempersiakan diri untuk laga selnajutnya tetapi harus recovery dulu,” ujarnya, Rabu malam, 21 Agustus.

Kondisi sejumlah pemain memang tidak 100 persen fit. Bahkan beberapa yang diturunkna sebagai pemain pengganti pada laga kontra BG Pathum pun ada yang mengalami cedera ringan.

”Kami harus melakukan banyak rotasi di laga tadi. Bahkan beberapa pemain yang kurang fit, punya sedikit cedera, harus kami turunkan demi menjaga stabilitas pertandingan. Saya mengapresiasi kerja keras pemain saya,” kata dia.

Pengamat sepak bola Budiardjo Thalib menilai, recovery memang menjadi satu bagian penting dalam sepak bola. Sebab tanpa recovery, para pemain akan sangat rentan dengan cedera.

”Recovery itu wajib. Semua tim harus melakuka itu, supaya pemainnya tidak rent cedera. Apalagi seperti PSM yang jadwalnya cukup padat dibanding tim lain,” terangnya.

Panglima Laskar Ayam Jantan Uki Nugraha juga melontarkan hal serupa. Dia melihat langsung perjuangan Yuran Fernandes dan kolega di Stadion Batakan. Sehingga, dia menganggap kebugaran pemain harus diprioritaskan.

News Feed