English English Indonesian Indonesian
oleh

Festival Kelong Makassar 2024: Lestarikan Budaya Musik Lokal

FAJAR, MAKASSAR- Festival Kelong Makassar 2024 di Benteng Fort Rotterdam, sukses memikat perhatian masyarakat Kota Makassar. Acara ini, yang merupakan persembahan dari Dinas Kebudayaan Kota Makassar, digelar Kamis, 22 Agustus. Festival mulai pukul 12.00 WITA hingga 21.15 WITA, menghadirkan puncak grand final dari sebuah ajang musik tradisional yang bertujuan memperkaya dan melestarikan budaya musik lokal.

Festival tahunan yang memasuki tahun ke-2 ini, telah menjadi salah satu agenda kebudayaan yang dinantikan oleh warga Kota Makassar. Sebelum grand final, para finalis telah melalui seleksi ketat yang dilakukan di lima zona dan 15 kecamatan yang ada di Kota Makassar. Seleksi zonal ini berlangsung sebagai berikut:

Zona 1: Kecamatan Makassar, Ujung Pandang, Rappocini. Zona 2: Kecamatan Wajo, Bontoala, Mariso. Zona 3: Kecamatan Panakukang, Mamajang, Tamalate. Zona 4: Kecamatan Tallo, Ujung Tanah, Sangkarrang. Zona 5: Kecamatan Manggala, Biringkanaya, Tamalanrea.

Puncak acara, yang diadakan di Benteng Fort Rotterdam, menampilkan 15 finalis berbakat yang mewakili kecamatan masing-masing. Mereka adalah Dedy, Firman, Zaenal, Antho, Nursita Anjani, Yuli, Nurmuhani, Nuralim Setiawan, Bahar Bakri, Ijie Syaputra, Gilang Ramadhan, Osy Syaputra, Arwini Eka Puspitasari, Sulastian Awal Febrian, dan Midzra Khaerat.

Festival ini juga turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail yang memberikan sambutan hangat. Acara dimeriahkan dengan tari tradisional seperti Tari Pepe Ri Makka dan tarian persembahan dari Dinas Kebudayaan.

News Feed