English English Indonesian Indonesian
oleh

Salahkan Israel, Mesir Pesimis Gencatan Senjata Gaza Disepakati

“Amerika menawarkan janji, bukan jaminan. Hamas tidak akan menerima ini, karena itu berarti Hamas akan membebaskan sandera sipil sebagai imbalan atas jeda pertempuran selama enam minggu tanpa jaminan untuk gencatan senjata permanen yang dinegosiasikan,” kata pejabat tersebut dikutip dari The New Arab.

Ia juga mengatakan usulan tersebut tidak secara jelas menyebutkan Israel akan menarik pasukannya dari dua koridor strategis di Gaza, koridor Philadelphia di sepanjang Mesir dan koridor Netzarim dari timur ke barat melintasi wilayah tersebut. Israel hanya menawarkan untuk mengurangi jumlah pasukannya di koridor Philadelphia, dengan “janji” untuk menarik diri dari wilayah tersebut.

“Ini tidak dapat diterima oleh kami dan tentu saja oleh Hamas,” kata pejabat Mesir tersebut.

Seorang pejabat Mesir kedua, yang diberi pengarahan tentang perkembangan terakhir dalam negosiasi, mengatakan hanya ada sedikit peluang untuk terobosan karena Israel menolak untuk berkomitmen pada penarikan penuh dari Gaza dalam fase kedua kesepakatan tersebut. Pejabat tersebut mengatakan Israel juga bersikeras untuk mempertahankan pasukannya di koridor Philadelphia dan memiliki kendali penuh atas koridor Netzarim.

Ia juga mengatakan Mesir memberi tahu AS dan Israel bahwa mereka tidak akan membuka kembali penyeberangan Rafah ke Gaza, yang berbatasan dengan Mesir dan merupakan titik masuk penting untuk bantuan kemanusiaan, tanpa penarikan penuh pasukan Israel dari sisi Palestina dan dari koridor Philadelphia.

Kedua pejabat Mesir berbicara dengan syarat anonim untuk membahas negosiasi yang sensitif tersebut.

News Feed