English English Indonesian Indonesian
oleh

Kemenkeu Goes To Campus, Ajak Mahasiswa Bone Melek Pengelolaan APBN

BONE, FAJAR — Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan melalui Kemenkeu Satu Goes To Campus mengajak mahasiswa untul lebih melek terhadap pengelolaan keuangan APBN.

Kegiatan ini menyasar sejumlah kampus-kampus di Bone, seperti di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone. Kegiatan ini telah berhasil dihelat dengan menghadirkan ratusan mahasiswa, pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Kegiatan yang mengambil tema “APBN Uang Kita” ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Heri Kuswanto, yang juga merupakan Kepala Kantor Wilayah DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara.

Heri menilai ini merupakan pembekalan yang penting terhadap mahasiswa agar lenih memahami mekanisme penggelontoran APBN hingga APBD.

“Bagaimana APBN ini bekerja, bagaimana kerangka APBN memastikan pemerintahan berjalan yang tidak ada lain bertujuan mensejahterakan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Heri melanjutkan mahasiswa merupakan penerus bangsa sehingga selayaknya memahami konsep dasar keuangan negara.

“Apalagi 2045 Indonesia Emas kita harus siap dari semua lini, dari dunia pendidikan maupun APBN kita,” katanya.

Sementara Rektor IAIN Bone, Prof Syahabuddin, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat terutama mereka yang menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

“Dalam Islam disebut Baitulmal. Kemenkeu adalah ilmu negara. Saya mendorong anak-anak mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh ilmu, terutama tentang bagaimana perencanaan APBN,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan kuis interaktif untuk menguji pemahaman peserta tentang pengelolaan APBN di Republik Indonesia.

News Feed