English English Indonesian Indonesian
oleh

Kelas Shirotama Hitsujiya, Hadirkan Sutradara Jepang dan 17 Sutradara Teater Indonesia

Para sutradara akan berpartisipasi dalam serangkaian sesi intensif yang mencakup ungkap pendekatan penciptaan (30-31 Agustus 2024), praktik metode (1-3 September 2024), presentasi pertunjukan (4 September 2024), dan diskusi (5 September 2024).

Dwi Lestari Johan, Koordinator Kelas Teater, menyampaikan kolaborasi ini adalah wujud dari komitmen untuk memperkuat ekosistem seni teater di Indonesia. Kehadiran Shirotama Hitsujiya dan para sutradara teater dari berbagai kota di Indonesia pada Kelas Teater diharapkan dapat mendorong pertukaran pengetahuan dan gagasan yang akan memperkaya khazanah teater nasional.

Kelas Shirotama Hitsujiya merupakan salah satu dari rangkaian pertemuan dalam Kelas Teater yang telah diinisiasi oleh Kala Teater sejak 2019. Hingga saat ini, Kelas Teater telah menyelenggarakan 28 pertemuan yang membahas berbagai pendekatan dalam seni teater, berfokus pada kontribusi para sutradara, aktor, dan penulis naskah dalam perkembangan teater di Indonesia dan dunia.

Program ini tidak hanya bertujuan sebagai ruang berbagi pengetahuan, tetapi juga sebagai upaya dimaksudkan sebagai ruang penyebaran pengetahuan teater yang inklusif dan terjangkau serta pendokumentasian sumber acuan yang valid bagi pengetahuan teater di Indonesia dan dunia. Dengan dukungan dari MTN Lab: Lab Indonesiana, Kelas Shirotama Hitsujiya diharapkan dapat menjadi katalisator bagi penguatan kapasitas sutradara teater sebagai talenta nasional yang mampu bersaing di kancah internasional. (*/)

News Feed