English English Indonesian Indonesian
oleh

UMI Sambut Maba Melalui Pekan Pesantren

FAJAR, MAKASSAR— Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memulai penyambutan mahasiswa baru angkatan 2024 berbasis pesantren secara offline. Pembukaan berlangsung di Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin UMI, Padanglampe, Pangkep, Selasa,20 Agustus 2024.

Wakil Rektor I UMI, Dr. Ir. H. Hanafi Ashad ST, MT, IPM, mengungkapkan Pekan Pesanten ini merupakan tradisi UMI dalam menyambut mahasiswa baru sebagai pengganti ospek. Mahasiswa disambut dengan model kegiatan pendidikan moral berbasis pesantren.

Kata Dr Hanafi, kegiatan ini berlangsung dalam beberapa angkatan. Setiap angkatan diisi oleh satu hingga tiga fakultas.
Untuk angkatan pertama ini, pekan pesantren diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Hukum dengan jumlah kurang lebih 438 peserta.

“UMI selalu menekankan kepada mahasiswa aspek penting seperti tertuang dalam visi UMI. Menghasilkan luaran yang berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlaqul karimah, serta berdaya saing tinggi,” ujarnya.

WR III UMI sekaligus Ketua Panitia Kegiatan, Hj. Nurfadillah Mappaselleng, SH, MH, PhD, menjelaskan, setiap angkatan Pekan Pesantren ini berlangsung selama dua hari dan digelar dengan menarik. Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga pada dasarnya adalah wisata religi bagi mahasiswa baru.

“Jadi peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari materi, games seru, dzikir dan doa, serta salat berjamaah,” ungkapnya.

Ketua Pengurus Yayasan Wakaf UMI Makassar, Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, mengungkapkan UMI selalu konsisten menjalankan pendidikan moral berbasis pesantren kepada seluruh sivitas akademika UMI.

News Feed