English English Indonesian Indonesian
oleh

Pengamat Sebut Pasangan Seto-Kiki Seling Melengkapi, Paham Wilayah Legislasi dan Eksekutif

FAJAR, MAKASSAR — Konsisten mengawal isu politik Sulsel, Komunitas Jurnalis Politik (KJP) kembali menggelar diskusi politik dengan tema “Makassar Memanggil: Rezki Mulfiati Lutfi, Bukan Perempuan Biasa” yang berlangsung di kafe lorong, Rabu, 21 Agustus 2024.

Diskusi kali ini menghadirkan dua pembicara yakni Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Makassar Ridwan Fallawang, dan Pengamat Politik Unhas Andi Ali Armunanto.

Ridwan menyebut, bahwa Rezki Mulfiati Lutfi memiliki rekam jejak, sudah pernah menjabat sebagai anggota DPRD Sulsel dari Partai Nasdem.

Rezki juga memiliki latar belakang keluarga yang banyak di bidang politik dan birokrasi.

“Dengan paket Seto-Rezki memang agak kelop. Artinya wilayah legislasi dan budgetingnya dipahami oleh Bu Rezki dan Andi Seto memahami wilayah eksekutif,” terang Ridwan.

Sementara itu, Andi Ali Armunanto menyebut bahwa putra dari Rudianto Asapa yang berpaket dengan Rezki Mulfiati Lutfi itu agak berani.

“Seto ini gila karena berani masuk Makassar, dan terus berusaha masuk bertarung. Dia kelihatannya memiliki kemampuan mengakses sumber daya untuk menggerakkan kekuatan mesin politik,” kata Ali.

Ia juga menyebut bahwa pasangan Seto-Rezki ini memang di luar yang biasanya terjadi.

“Dan ini yang memungkinkan mencuri perhatian publik karena kehadirannya tidak biasa di hadapan publik, sehingga memicu perhatian dan pertanyaan pemilih,” kata Ali.

Ia mencontohkan bahwa hal yang mungkin sama adalah di Pulau Jawa, seperti awal mula Joko Widodo memulai jalan politiknya.

News Feed