English English Indonesian Indonesian
oleh

Kejati Sulsel Siap Dukung Hilirisasi Produk Kelautan dan Perikanan

FAJAR, MAKASSAR — Kajati Sulsel, Agus Salim menerima kunjungan kerja Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Wantannas RI), Marsda TNI Heddezul bersama rombongan di Ruang Kerja Kajati Sulsel, Rabu, 21 Agustus 2024.

Kunjungan Kerja Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) RI di Sulsel adalah dalam rangka optimalisasi hilirisasi produk kelautan dan perikanan guna mewujudkan ekonomi biru dalam rangka ketahanan nasional. Pembangunan ekonomi biru ini, merupakan penjabaran dari amanat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Indonesia (RPJPN) 2005-2025. Khususnya mewujudkan Indonesia sebagai negara kepulauan yang berdaulat, maju, dan tangguh melalui pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

Serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Indonesia (RPJMN) 2020-2024 yang menekankan pentingnya pengelolaan kelautan dengan baik, untuk mencapai agenda pembangunan berkelanjutan. Kegiatan terkait ekonomi biru, juga mencakup instalasi infrastruktur kabel bawah laut, eksploitasi sumber daya dasar laut dan penambangan di perairan dalam, pemanfaatan sumber daya genetik laut, serta penelitian bioteknologi yang berbasis di laut.

Kajati Sulsel, Agus Salim bahwa Kejati Sulsel akan mendukung Wantannas RI dan siap mengawal program hilirisasi produk kelautan dan perikanan di Sulsel. Pasalnya penerapan program hilirisasi nasional pada sektor kelautan dan perikanan menjadi sebuah langkah baru yang signifikan.

“Diharapkan bisa mendorong peningkatan ekonomi di semua subsektor yang dikembangkan, ” harap Kajati Sulsel dihadapan rombongan Watannas RI di ruang kerjanya.

News Feed