English English Indonesian Indonesian
oleh

Career Center Unhas Adakan Seminar Kesehatan Mental untuk Mahasiswa

FAJAR, MAKASSAR-Career Center Direktorat Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Career Talk bertajuk “Strategi Self-Care untuk Mahasiswa: Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Kesibukan Perkuliahan” pada Rabu, 21 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Aula LPMPP Unhas dan dihadiri 130 peserta yang berasal dari berbagai fakultas dan angkatan.

Acara ini menghadirkan A. Juwita Amal, M.Psi., Psikolog, seorang psikolog dan dosen Fakultas Psikologi Unhas, sebagai pembicara.

Kepala Career Center Unhas, Burhan Kadir SS MA mengungkapkan pentingnya kegiatan seperti ini untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menjaga kesejahteraan mental.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap mahasiswa Unhas dapat lebih peka terhadap kesehatan mental mereka sendiri. Dengan menjaga keseimbangan antara akademik dan self-care, diharapkan mereka dapat lebih produktif dan sukses dalam menjalani perkuliahan,” ungkapnya.

Dalam paparannya, Juwita Amal menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental di tengah padatnya aktivitas perkuliahan.

“Beberapa isu kesehatan mental di kalangan mahasiswa seperti stress akademik, masalah organisasi, masalah relasi, hingga masalah ekonomi. Dampaknya akan sering sakit fisik, sulit konsentrasi, perubahan mood dan enggan bersosialisasi,” terang Juwita.

Ia juga memberikan sejumlah strategi self-care yang dapat diterapkan oleh mahasiswa untuk menjaga keseimbangan antara kegiatan akademik dan kesehatan mental. Self-care yang dapat dilakukan seperti memaafkan diri sendiri, meminta bantuan, sediakan waktu untuk sendiri, dan berdiam di rumah.

Tak hanya itu, Juwita juga menegaskan pentingnya meningkatkan kepedulian terhadap orang di sekitar apabila mengalami perubahan perilaku.

“Bila teman ada masalah, dengarkan. Ayo berempati dan jangan men-judge. Biasanya teman yang punya masalah hanya ingin didengarkan. Setelah mendengar, bisa tanya balik apa yang bisa dia lakukan untuk menyelesaikan masalahnya, karena biasanya dia tahu solusinya sendiri,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, Juwita mengajarkan tips relaksasi kepada mahasiswa. Seluruh peserta diajak mempraktekkan langsung gerakan relaksasi.

Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan mental mereka. Career Talk ini menjadi salah satu upaya Unhas untuk mendukung mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik dan menjaga kesehatan mental secara berkelanjutan. (*)

News Feed