English English Indonesian Indonesian
oleh

Warga Tiga Pulau di Kabupaten Pangkep Kini Nikmati Listrik Hijau dari PLN

FAJAR, PANGKEP — PT PLN (Persero) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan akses listrik ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk ke wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Hal ini dibuktikan dengan pemasangan 118 unit mikro pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan energy storage yang dikenal dengan nama Sorong Ultimate for Electrifying-Surya untuk Negeri (SuperSUN), untuk melayani 118 pelanggan di Pulau Polewali, Pulau Saugi, dan Pulau Sapuli, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Adanya inovasi dari PLN di ketiga pulau tersebut, masyarakat kini dapat menikmati listrik selama 24 jam penuh tanpa perlu menggunakan genset lagi.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, Andi Eka Prasetya mengapresiasi upaya PLN dalam melistriki kepulauan dengan memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT). Momentum kemerdekaan pihaknya bersinergi untuk menghadirkan pemerataan akses listrik di pelosok.

“Inovasi PLN dengan SuperSUN ini adalah bukti nyata bahwa pemerintah hadir dan terus bekerja serta berinovasi untuk pemerataan akses listrik di pelosok yang menggunakan energi bersih dan ramah lingkungan,” ujar Andi Eka, Selasa, 20 Agustus 2024.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, menyampaikan bahwa hadirnya SuperSUN sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian. “Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan SuperSUN di ketiga pulau ini. Saya berharap masyarakat dapat menjaga keberlangsungannya,” kata Yusran.

News Feed