English English Indonesian Indonesian
oleh

Polisi Bubarkan Demo Anarkis di Kantor PPK Wajo

Kegiatan tersebut, merupakan latihan Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) dengan melibatkan ratusan personel gabungan. Latihan Sispamkota tersebut, berlangsung di depan Mapolres Pelabuhan Makassar, Jl WR Supratman, Selasa, 20 Agustus 2024.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Restu Wijayanto mengatakan, simulasi sengaja digelar untuk melatih kesiapan personelnya mengawal Pilkada Serentak 2024. Ia ingin memastikan kamtibmas tetap dapat dikendalikan meski terjadi kericuhan.

“Kegiatan simulasi pengamanan kota ini bertujuan memberikan pemahaman yang sama tentang tindakan-tindakan kepolisian yang harus dilakukan di lapangan,” kata AKBP Restu Wijayanto.

“Latihan ini untuk antisipasi dan pengamanan kegiatan Pilkada serentak tahun 2024, baik Pilgub maupun Pilwalkot Makassar,” sambungnya.

Hal-hal yang menjadi perhatian khusus lanjut AKBP Restu, yaitu terkait distribusi logistik pemilu. Begitu juga kegiatan pada saat pemungutan dan kegiatan pada saat penghitungan.

“Untuk tempat-tempat kita sesuaikan dengan pola pengamanan dan kerawanan yang ada,” jelas mantan Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel ini.

Sebelumnya personel Polres Pelabuhan Makassar telah banyak mengasah keterampilan dan kemampuan pengamanan Pilkada 2024 melalui latihan pengendali massa (Dalmas) yang digelar di depan Mapolres Pelabuhan Makassar.

Kasi Humas Polres Pelabuhan Makassar, IPTU Hasrul menyebut, latihan Dalmas diikuti oleh personel bintara Bag, Satfungsi, Polsek jajaran Polres Pelabuhan Makassar yang tergabung dalam Pleton kerangka.

News Feed