English English Indonesian Indonesian
oleh

IAIN Palopo-Krirk University Thailand Kolaborasi Riset hingga Pertukaran Mahasiswa

FAJAR, PALOPO–Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggandeng Krirk University Bangkok di Thailand untuk kerja sama peningkatan kualitas tri dharma perguruan tinggi. Mulai riset, pelatihan hingga kolaborasi pertukaran mahasiswa dan dosen.

Wakil Rektor II IAIN Palopo, Dr. Masruddin mengatakan, Krirk University merupakan universitas terkemuka di Thailand dan memiliki rangking 130 pada QS world university rangking. Ia mengaku dalam pertemuan kedua belah pihak, membahas langkah berikutnya yaitu kerangka kerja sama bilateral, termasuk rancangan program yang telah disepakati, prosedur dan proses kerja sama strategis.

Hasilnya ada enam poin kerangka kerja sama penguatan internasionalisasi. Keenam poin itu adalah kolaborasi Penelitian dan publikasi penelitian pada jurnal peer-review bereputasi internasional. Pelaksanaan pelatihan dan lokakarya untuk peneliti dan fakultas.

Kemudian, Co-hosting kuliah, pertemuan, seminar, simposium, dan konferensi. Pertukaran mahasiswa dan dosen . Kelima pemagangan mahasiswa. Lalu kolaborasi di bidang lain untuk meningkatkan kualitas penelitian dan kerja sama pendidikan.

Masruddin menyampaikan terima kasih pada pihak Krirk University atas sambutan dan peluang kolaborasinya. “Kami akan segera menyampaikan framework kerja sama ini ke pak rektor, dekan fakultas dan pimpinan unit untuk mempersiapkan kerja sama strategis ini,” ujar Masruddin.

Kerjasama ini dimulai setelah IAIN Palopo mendatangkan Dr Bandit Aroman dari Kirk University pada kegiatan seminar internasional di IAIN Palopo. Kegiatan kerja sama ini akan terus digiatkan di IAIN Palopo sebagai usaha untuk menguatkan reputasi internasional lembaga.

News Feed