English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unhas Serahkan Bibit “Jagung Jago” di Pinrang, Harap Dimanfaatkan untuk Pengelolaan Pangan

FAJAR, PINRANG-Sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-68, sekaligus bentuk tanggung jawab sosial dan komitmen berkontribusi nyata dalam masyarakat, Universitas Hasanuddin bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pembukaan berlangsung pukul 10.00 Wita, bertempat di Kantor Bupati Pinrang, Minggu (18/08).

Mengawali kegiatan, Ketua Umum Panitia Dies Natalis ke-68 Prof Akin Duli, menjelaskan sebelumnya panitia penyelenggara telah melaksanakan audiensi dengan bupati dalam rangka membahas dan menindaklanjuti agenda pengabdian masyarakat bersama LPPM Unhas beserta pimpinan OPD Pinrang guna mengharmonisasi seluruh kegiatan pengabdian masyarakat. Lebih lanjut, Prof Akin juga memberikan gambaran dan penjelasan tentang latar belakang kegiatan dan mengapa dilaksanakan di Pinrang.

Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa, dalam sambutannya mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat merupakan wujud komitmen dari tanggung jawab universitas untuk optimalisasi peningkatan daerah. Prof JJ menuturkan pengabdian dilakukan pada berbagai bidang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi wilayah. Selain itu, Prof JJ juga memberikan jagung jago kepada pemda Pinrang yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengelolaan pangan.

“Di dalam Renstra Unhas, ada indikator kebermanfaatan. Sehingga, kehadiran universitas harus juga bisa memberikan kebermanfaatan secara lokal. Kabupaten Pinrang merupakan kabupaten pertama di Sulsel yang diberikan jagung jago, semoga program ini kedepannya tidak hanya sekali saja lalu pergi, melainkan dilakukan secara berkelanjutan,” jelas Prof JJ

Pada kesempatan yang sama, PJ Bupati Pinrang, Ahmadi Akil, menyampaikan ungkapan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Unhas yang memberikan perhatian serius dalam upaya peningkatan kualitas dan kemajuan masyarakat Pinrang.

“Semoga kegiatan pengabdian ini memberi inspirasi dan manfaat kepada masyarakat Pinrang. Kami mengharapkan program atau kegiatan seperti ini berkelanjutan. Menurut kami, pengabdian yang telah dilakukan beberapa bulan ini di berbagai wilayah Kabupaten Pinrang sangat membantu masyarakat,” jelas Ahmadi Akil.

Ahmadi Akil menambahkan pembangunan wilayah akan maju jika melibatkan perguruan tinggi dalam pengambilan kebijakan. Sehingga, kebijakan pembangunan daerah bisa memberikan kebermanfaatan lebih kepada masyarakat.

Kepala Humas Unhas, Ahmad Bahar menyebutkan, pada acara itu turut hadir para wakil rektor, Ketua lembaga, para dekan, direktur dan seluruh panitia baik dari Unhas dan Pemda Pinrang yang telah menyiapkan seluruh rangkaian kegiatan. Setelah pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi tenant pameran produk inovasi Unhas yang telah diimplementasikan kepada masyarakat Kabupaten Pinrang. (*/)

News Feed