English English Indonesian Indonesian
oleh

Pertamina Patra Niaga Sulawesi dan Polda Sulsel Berkolaborasi Amankan Obvitnas

FAJAR, MAKASSAR — Setelah menjalin kerja sama terkait pengamanan obvitnas dengan Polda Gorontalo beberapa waktu lalu, Pertamina Patra Niaga Sulawesi lanjut memperluas pengamanan di provinsi lain yakni Sulawesi Selatan, dengan menjalin kerja sama dengan Polda Sulsel. Acara penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Kantor Unit PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi pada Jumat, 16 Agustus 2024.

Objek Vital Nasional (Obvitnas) adalah objek-objek yang memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian, politik, sosial, dan pertahanan keamanan negara. Pertamina, sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia, mengelola berbagai obvitnas yang sangat penting bagi keberlangsungan pasokan energi di tanah air, seperti kilang minyak, terminal penyimpanan, dan jaringan distribusi.

Penandatangan tersebut dilakukan oleh Region Manager S&D PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Widhi Purbo Nugroho, dan Dirpamobvit Polda Sulsel Kombes Pol M Iftah Falahadin. Dalam acara tersebut Iftah mengatakan sudah menjadi tanggung jawab pihaknya dalam mengamankan objek vital nasional yang berada di bawah naungan Polda Sulsel.

“Sejatinya sebelum adanya kerja sama ini, kami senantiasa sudah berupaya untuk mengamankan obvitnas yang berada di wilayah Sulsel. Tapi dengan adanya kerja sama ini merupakan langkah penting untuk memastikan lagi fasilitas-fasilitas strategis yang vital bagi kepentingan nasional terlindungi secara optimal,” ujar Iftah.

Widhi ikut menambahkan, bahwa kerja sama ini akan diperluas di beberapa provinsi lainnya di Sulawesi selain di Gorontalo dan Sulawesi Selatan yang sudah dilakukan. “Setelah ini akan kami lakukan juga kerja sama dengan Polda di Sulut, Sultra, Sulteng dan Sulbar guna memperkuat pengamanan unit lokasi kami yang operasionalnya penerimaan, penimbunan, dan pendistribusian BBM dan LPG bagi kebutuhan masyarakat,” ujar Widhi.

News Feed