English English Indonesian Indonesian
oleh

Permintaannya Ditolak Hamas, Netanyahu: Negosiasi Sangat Rumit

Hamas dan faksi-faksi Palestina lainnya telah menuntut agar Israel mematuhi persyaratan yang telah disepakati sebelumnya berdasarkan proposal yang didukung oleh Presiden AS Joe Biden dan menetapkan mekanisme untuk pelaksanaannya, daripada melanjutkan negosiasi sementara serangan terus berlanjut.

Prinsip 27 Mei, yang dirujuk Netanyahu, melibatkan proposal kepada para mediator—Mesir, Qatar, dan AS—untuk mengendalikan Koridor Philadelphia dan penyeberangan Rafah di perbatasan Gaza-Mesir.

Biden mengatakan pada bulan Mei bahwa Israel mengajukan kesepakatan tiga fase yang akan mengakhiri permusuhan di Gaza dan mengamankan pembebasan sandera yang ditawan di daerah kantong pantai tersebut. Rencana tersebut mencakup gencatan senjata, pertukaran sandera-tahanan, dan rekonstruksi Gaza.

Selama berbulan-bulan, para mediator telah berusaha mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas.

Putaran perundingan terakhir berakhir di Doha pada hari Jumat tanpa terobosan, tetapi proposal baru dibangun “di atas area kesepakatan” dan menjembatani kesenjangan yang tersisa dengan cara yang memungkinkan “implementasi kesepakatan dengan cepat.” (amr)

News Feed