English English Indonesian Indonesian
oleh

PAN Tunjuk Haeriah Rahman Jadi Ketua DPRD Maros Sementara

FAJAR, MAROS- Pelantikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros dihelat Selasa, 20 Agustus di Lapangan Pallantikang Maros. Pada Pileg kali ini Partai Amanat Nasional (PAN) Maros berhasil meraih 12 kursi. Sehingga dipastikan kursi pimpinan di DPRD Maros menjadi milik PAN.

DPD PAN Maros pun menunjuk Haeriah Rahman sebagai Ketua DPRD Sementara. Hal itu diungkapkan Ketua DPD PAN Maros, AS Chaidir Syam, Senin, 19 Agustus. Dia menyebut kalau keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat internal yang diadakan PAN.

Alasannya, Haeriah Rahman saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPD PAN Maros dan juga Wakil Ketua DPRD Maros periode 2019-2024 . “Jadi Haeriah Rahman dinilai punya pengalaman selama menjabat di DPRD, makanya diputuskan yang bersangkutan ditunjuk sebagai Ketua DPRD sementara,” sebutnya.

Mantan Ketua DPRD Maros ini mengatakan Haeriah akan menjabat hingga penetapan tata tertib (Tatib) dan pengangkatan pimpinan tetap. “Untuk pimpinan tetap masih menunggu hasil fit and proper test yang dilakukan di DPP,” katanya.

Dia menjelaskan pihaknya mengusulkan dua nama untuk mengikuti fit and proper test di Jakarta. Dua nama yang diusulkan merupakan peraih suara teratas pada Pileg lalu. Peraih suara terbanyak pertama adalah Muh Gemilang Pagessa dengan total suara 7.965.

Selanjutnya, peraih suara tertinggi kedua yakni Syamsuddin dengan total suara 5.603. “Sebenarnya ini adalah kesepakatan internal DPD Maros, supaya kursi pimpinan diduduki oleh peraih suara tertinggi,” pungkasnya. (rin/*) 

News Feed