English English Indonesian Indonesian
oleh

Mantan Presiden tak Hadiri Undangan Upacara di IKN, Jokowi Maklum

FAJAR, PANAJAM PASER–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa syukurnya atas kelancaran pelaksanaan rangkaian Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang untuk pertama kalinya digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024). Presiden Jokowi menyatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Selain itu, Jokowi memaklumi mantan-mantan presiden tak hadir.

Jokowi, dikutip dari keterangan tertulis BPMI Setpres dan Setkab.go.id mencatat bahwa cuaca sangat mendukung pelaksanaan upacara, dengan hujan turun saat istirahat, yang membuat suasana menjadi sejuk dan upacara berlangsung dengan sangat khidmat.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menanggapi pertanyaan tentang ketidakhadiran mantan presiden dalam upacara kali ini,

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa para mantan presiden memiliki agenda penting di tempat lain. “Beliau-beliau juga ada kegiatan yang sangat penting di tempat berbeda. Kita harus menghargai karena beliau-beliau juga merayakan HUT Kemerdekaan di tempat masing-masing, seperti di Jakarta dan Pacitan. Saya kira merayakan di manapun sama,” jelas Presiden.

Ditanya apakah upacara tahun depan akan kembali diadakan di IKN, Presiden Jokowi menyerahkan keputusan tersebut kepada Presiden terpilih. Presiden terpilih Prabowo Subianto, yang turut hadir pada kesempatan tersebut, memberikan indikasi bahwa upacara akan kembali digelar di IKN tahun depan. “Insyaallah akan di sini lagi,” ucap Prabowo.

News Feed