English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Sastra Jepang Unhas Torehkan Prestasi, Empat Mahasiswa Lolos Beasiswa MEXT

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin kembali menorehkan prestasi gemilang. Empat mahasiswanya berhasil lolos dalam seleksi Beasiswa MEXT (Monbukagakusho) yang diberikan oleh Pemerintah Jepang.

Dua orang lolos melalui jalur G to G (seleksi Kedutaan), sementara dua lainnya melalui jalur U to U (seleksi Universitas). Para mahasiswa yang berhasil lolos adalah Muhammad Faiz Alghifari (Kyushu University), Squal William Gosal (Nanzan University), Bilal Ahmad Qardani (Shimane University), dan Nur Rahmat Sukardi (Shimane University).

Beasiswa ini mencakup biaya studi selama satu tahun di universitas Jepang dan uang saku sebesar 117.000 yen per bulan atau sekitar 13 juta rupiah. Khusus untuk jalur G to G, pada tahun lalu, departemen ini juga berhasil meloloskan dua orang mahasiswanya. Mengingat bahwa total penerima beasiswa MEXT jalur G to G dari berbagai universitas besar di Indonesia setiap tahunnya hanya sekitar sembilan orang, keberhasilan meloloskan dua orang mahasiswa selama dua tahun berturut-turut merupakan prestasi yang patut dibanggakan.

Prestasi ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Sastra Jepang Universitas Hasanuddin mampu bersaing dengan mahasiswa Sastra Jepang dari universitas-universitas besar lainnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

Pada tahun ajaran 2024 ini, Departemen Sastra Jepang menerima mahasiswa baru sebanyak 134 orang. Jumlah ini dua kali lebih banyak dibandingkan tahun lalu, yang hanya 71 orang, dan tiga kali lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yang berkisar sekitar 50 orang.

News Feed