English English Indonesian Indonesian
oleh

Gempa 7,2 Skala Richter Landa Rusia, Amerika Keluarkan Peringatan Tsunami, Rusia Bilang tidak

FAJAR, KAMCHARTKA–Gempa bumi dahsyat di lepas pantai Rusia telah membuat negara itu waspada. Menurut Pusat Seismologi Mediterania Eropa (ESMC), gempa bumi berkekuatan 7,2 skala richter terjadi di lepas pantai timur wilayah Kamchatka Rusia pada hari Sabtu waktu setempat.

Gempa bumi tersebut kemudian memicu letusan gunung berapi dan peringatan tsunami.

Menurut Pusat Peringatan Tsunami Nasional AS, ancaman tsunami dari gempa bumi Kamchatka sudah dekat. Namun, menurut kementerian darurat Rusia, tidak ada ancaman tsunami.

Gempa bumi besar, yang diukur berkekuatan 7,0 oleh Survei Geologi Amerika Serikat, diikuti oleh beberapa gempa susulan mulai dari 3,9 hingga 5,0 pada Skala Richter.

Dikutip dari Outlook, menurut kantor berita milik pemerintah TASS, gempa bumi tersebut juga memicu letusan gunung berapi.

Gunung berapi Shiveluch Rusia meletus karena getaran tersebut dan menghasilkan kolom abu setinggi delapan kilometer.

“Menurut evaluasi visual, kolom abu naik setinggi 8 kilometer di atas permukaan laut,” lapor TASS, menambahkan bahwa gunung berapi tersebut telah melepaskan semburan lava.

Gunung berapi Shiveluch berjarak sekitar 280 mil dari kota pesisir Petropavlovsk-Kamchatsky, yang berpenduduk sekitar 181.000 jiwa di wilayah timur Kamchatka.(amr)

News Feed