English English Indonesian Indonesian
oleh

Peran Penting Pers di Pilkada Serentak, KPU Parepare Adakan Diskusi Bareng Jurnalis

FAJAR, PAREPARE — KPU Parepare menggelar diskusi bersama jurnalis. Kegiatan tersebut dikemas dalam Visit to Community Sosialisasi KPU Menyapa, bersama komunitas media Parepare di Media Centre KPU Parepare, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Parepare, Ahmad Perdana Putra mengatakan bahwa banyak tantangan yang akan dihadapi dalam mewujudkan Pilkada yang jujur, damai dan bermartabat.

Sehingga menurutnya, membutuhkan peran media untuk bersama-sama melakukan pengawasan.

“Juga, meningkatkan nilai-nilai demokrasi dengan memberikan informasi terkait penyelenggaraan Pilkada, karena ada berbagai macam pemilih yang akan dihadapi, dan membutuhkan peran edukasi dari media,” katanya.

“Khususnya, pemilih pemula yang jumlahnya cukup banyak, dan bersikap apatis yang lebih mudah terpengaruh informasi hoaks,” tambah Ahmad.

Ahmad Perdana Putra menjelaskan, pemilih pemula termasuk kelompok rentan yang terkadang berpikir untuk menghindari proses Pilkada, yang mengakibatkan mereka tidak ingin berpartisipasi untuk menggunakan hak pilih.

“Kami berharap kemitraan terbaik dari media, sehingga kegiatan ini menjadi wadah untuk diskusi dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak 2024,” ungkapnya.

Sementara, Jurnalis TV Nasional, Rusli Djafar yang membawakan materi dalam kegiatan ini memaparkan bahwa peran pers di Pilkada 2024 sangat vital dan krusial.

Karena pers salah satu kekuatan besar untuk mengubah mindset masyarakat atau pemilih. Dengan adanya media sosial, tentu akan memberikan sedikit dampak namun masyarakat tetap mencari berita sebagai senjata terakhir untuk memastikan kebenarannya.

News Feed