English English Indonesian Indonesian
oleh

Kenakan Pakaian Adat Jawa, Karutan Pinrang Pimpin Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI

FAJAR, PINRANG — Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Pinrang, Sahril Efendi DM mempimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bertempat di Lapangan Serbaguna Rutan Pinrang dan diikuti oleh Pejabat Struktural, Pegawai, Dharma Wanita Persatuan dan Warga Binaan pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Tampak unik, pegawai yang mengikuti upacara mengenakan pakaian adat Nusantara, ada yang berpakaian adat Bali, Papua, Toraja, Bugis, Makassar, Melayu, dan Jawa.

Juga dilakukan penilaian oleh Karutan Pinrang sebagai tiga besar kostum terunik. Hadiahnya akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Pengayoman ke-79, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Tidak kalah luar biasanya, pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh pasukan pengibar bendera (paskibra) berjumlah delapan orang Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah dilatih oleh Pegawai Rutan Pinrang.

Mereka mengenakan seragam putih paskibra dengan gagahnya mengibarkan bendera disaksikan oleh seluruh peserta Upacara.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, ini menjadi seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa. Di mana setiap elemen masyarakat berperan aktif demi mencapai kemajuan yang lebih baik.

Saat amanat, Kepala Rutan Pinrang Kanwil Kemenkumham Sulsel, Sahril Efendi DM, membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna H Laoly.

Sahril menyampaikan, nusantara baru merupakan refleksi dari semangat gotong royong kita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan berdaya saing tinnggi. Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, kita perlu menyatu dalam visi dan misi bersama agar dapat mencapai tujuan bersama kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

News Feed