English English Indonesian Indonesian
oleh

Diskes Makassar Sulap 21 Unit Hyundai Stargezer Jadi Ambulans

FAJAR, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar memboyong 21 unit Hyundai Stargezer untuk dijadikan ambulans.

Serah terima unit berlangsung di Showroom Hyundai Gowa Jl Urip Sumoharjo Makassar, Sabtu, 17 Agustus.

Kadiskes Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin mengatakan, alasan memilih Hyundai Stargezer tipe prime untuk disulap menjadi ambulans, karena bagian dalam kendaraan lebih besar dan lapang.

“Sangat bagus digunakan untuk pelayanan kesehatan darurat. Sebelumnya kami telah melakukan simulasi kesehatan dengan menggunakan tiga unit brand mobil berbeda,” ucapnya.

Dari simulasi pelayanan kesehatan tersebut Hyundai Stargezer tipe prime yang dianggap paling tepat.

“Jadi kami ambil 21 unit kendaraan tersebut dan akan diserahkan ke puskesmas yang punya kecepatan tim medis,” ucap dr Ida, sapaannya.

Ia menjelaskan jika di Makassar ada 47 puskesmas, namun Diskes Makassar melakukan seleksi di lapangan. Dipilih puskesmas mana yang punya tim kesehatan yang lihai dan cekatan.

“Soalnya mobil ini memang akan digunakan untuk keperluan emergency. Kita mulai pergunakan di pertengahan September,” bebernya.

Kepala Cabang Hyundai Urip Sumoharjo, Imelda Aras, mengatakan ada 21 unit Hyundai Stargezer yang akan diserahkan ke Diskes Makassar rencananya akan berlangsung di awal September 2024.

Untuk itu, pihak Hyundai sedang mempersiapkan pengiriman barangnya dari pusat. Pasalnya, mobil tersebut, bagian dalamnya juga sedang direnovasi.

“Empat kursinya akan dihilangkan dan didesain seperti bentuk ambulans pada umumnya yang tersedia alat kesehatan di dalamnya,” tuturnya.

News Feed