English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Sudirman dan Prof NA Mesra Hadiri Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Rujab Gubernur Sulsel

FAJAR, MAKASSAR — Dua mantan gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah (NA) dan Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) hadir sebagai undangan dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Kedua mantan gubernur Sulsel di masanya ini tampak mesra berinteraksi secara aktif sejak awal hadir sebelum upacara dimulai, hingga saling berpamitan pascaupacara.

Diketahui, Prof NA bersama Andalan pernah bergandengan dalam Pemilihan Gubernur Sulsel tahun 2018. Paket keduanya dikenal dengan Prof-Andalan. Mereka kemudian terpilih dan menjabat sebagai Gubernur Sulsel dan Wakil Gubernur Sulsel periode 2018-2023.

Namun, pada Februari 2021 hubungan mereka merenggang dan paket pemimpin ini kandas. Prof NA tersandung kasus hukum yang membuatnya harus merelakan jabatan yang baru dipimpinnya dua tahun. Andi Sudirman kemudian menjabat Plt Gubernur Sulsel sejak Februari 2021 sampai Maret 2022, sebelum dilantik sebagai Gubernur Sulsel definitif oleh Presiden Joko Widodo.

Prof NA kemudian bebas bersyarat pada Agustus 2023. Setelah bebas, tidak tampak ada pertemuan antara dirinya dengan Andi Sudirman. Hal ini membuat isu kerenggangan hubungan keduanya menyeruak.

Momentum HUT ke-79 RI menjadi momen keduanya pertama kali muncul di publik dengan mesra. Tampak keduanya duduk bersampingan, berada di barisan paling depan dengan tokoh-tokoh Sulsel lainnya.

Mereka tampak intens berbincang sejak awal bertemu hingga saling melepas diri. Bincang-bincang mereka diselipi tawa.

News Feed