English English Indonesian Indonesian
oleh

UNM Terima 10.750 Mahasiswa Baru

FAJAR, MAKASSAR — Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggarakan upacara penyambutan mahasiswa baru (maba) dalam rangka Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk tahun akademik 2023/2024.

Upacara ini bertemakan “Era Baru Menuju Generasi Emas yang Humanis” dan berlangsung di pelataran Gedung Phinisi UNM, Jl AP Pettarani Makassar, pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Rektor UNM, Prof Karta Jayadi, mengumumkan bahwa UNM menerima 10.750 mahasiswa baru tahun ini. Ia juga menambahkan bahwa terdapat dua program studi (prodi) baru yang diperkenalkan, yaitu Prodi Animasi dan Prodi Ilmu Kedokteran.

Program Studi Ilmu Kedokteran memiliki kuota yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan sebanyak 50 orang, dengan 48 orang di antaranya telah melakukan pendaftaran ulang.

“Jumlah mahasiswa baru 10.750 orang. Ada dua prodi baru yaitu Prodi Animasi dan Prodi Ilmu Kedokteran,” ujarnya.

Prof Karta menekankan pentingnya kesiapan mahasiswa baru dalam menghadapi tantangan akademik dan kehidupan kampus.

“Kita berharap mahasiswa baru ini memulai langkah untuk menata hidup mereka menjadi sarjana yang teruji, baik dari segi etika, logika, maupun estetika. Kita tidak hanya butuh generasi yang cerdas, tapi juga yang beretika,” ujarnya.

Guru Besar Fakultas Seni dan Desain, ini juga mengajak para mahasiswa untuk kritis dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan kampus, termasuk melalui demonstrasi, asalkan dilakukan dengan dasar kebenaran dan etika.

“Saya imbau mahasiswa jadilah mahasiswa kritis, cerdas. Tidak apa-apa berdemo, itu bagian dari demokrasi, asalkan isinya harus dimulai dengan kebenaran,” katanya.

News Feed