English English Indonesian Indonesian
oleh

Israel Minta Wilayah Gaza Dibagi, Hamas Menolak dan Minta Angkat Kaki Sepenuhnya

FAJAR, DOHA–Mediator internasional mengadakan perundingan baru semalam yang bertujuan untuk menghentikan perang Israel-Hamas dan  pembebasan sejumlah sandera, dengan kesepakatan potensial yang dipandang sebagai harapan terbaik untuk mencegah konflik regional yang lebih besar.

AS, Qatar, dan Mesir bertemu dengan delegasi Israel di Qatar saat jumlah korban tewas Palestina dari perang 10 bulan itu melampaui 40.000, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Dikutip dari 9News, Hamas, yang tidak berpartisipasi secara langsung, menuduh Israel menambahkan tuntutan baru pada proposal sebelumnya yang mendapat dukungan AS dan internasional, dan yang pada prinsipnya telah disetujui Hamas.

Juru bicara Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menyebut perundingan itu sebagai langkah penting dan mengatakan perundingan itu diperkirakan akan berlangsung hingga hari berikutnya.

Dia mengatakan masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, mengingat kompleksitas perjanjian dan bahwa para negosiator berfokus pada implementasinya.

Gencatan senjata di Gaza kemungkinan akan meredakan ketegangan regional. Para diplomat berharap hal itu akan meyakinkan Iran dan kelompok militan Hizbullah Lebanon untuk menunda pembalasan atas terbunuhnya seorang komandan tinggi Hizbullah dalam serangan udara Israel di Beirut dan pemimpin politik utama Hamas dalam ledakan di Teheran.

Kirby memperingatkan Iran telah membuat persiapan dan dapat segera menyerang tanpa peringatan – dan retorikanya harus ditanggapi dengan serius.

News Feed