English English Indonesian Indonesian
oleh

Telkomsel Hadirkan Pemanfaatan Teknologi 5G Standalone Pertama di Indonesia di Ibu Kota Nusantara, Bali, dan Maluku Utara

Teknologi terbaru Cloud Phone yang didukung oleh Jaringan 5G SA mampu memberikan layanan Virtual Phone berbasis Cloud untuk mengeksplorasi bisnis model baru terhadap efesiensi kerja petugas dalam pengelolaan sistem pelabuhan, yang membutuhkan keamanan informasi yang tinggi dan respons real-time terhadap pengoperasian data. Selain itu, Teknologi AI Detection System yang mampu memberikan video beresolusi tinggi secara real-time, memungkinkan pengawasan area pelabuhan secara menyeluruh dan respons cepat terhadap insiden atau potensi gangguan keamanan.

Sementara di Maluku Utara, Telkomsel menghadirkan jaringan 5G SA yang digunakan untuk mendukung use case 5G Smart Helmet untuk para pekerja di Halmahera yang membuat mereka dapat berkomunikasi dan melakukan koordinasi lapangan dengan mudah. Helm ini juga dilengkapi dengan fitur peringatan jika ada potensi bahaya untuk menjaga keselamatan para pekerja, serta memiliki GPS untuk melacak lokasi pekerja dengan sangat akurat.

Tidak hanya itu saja, helm ini juga dapat merekam video yang bisa langsung dipantau oleh pusat komando, sehingga memungkinkan petugas di pusat komando untuk dapat memberikan instruksi kepada pekerja di lapangan secara real-time.

Khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Telkomsel mendukung Kementerian Kominfo RI dalam upaya menjadikan teknologi 5G sebagai tulang punggung sistem smart city di IKN dengan memanfaatkan teknologi 5G SA (Standalone) untuk solusi 5G Live Broadcast dan Smart Glasses, sehingga dapat menghadirkan siaran langsung dari rangkaian upacara kemerdekaan Republik Indonesia pertama kali di IKN dengan kualitas yang optimal.

News Feed