English English Indonesian Indonesian
oleh

KKN Tematik Unhas Dorong Peningkatan Potensi Wisata di Borong Rappoa

FAJAR, MAKASSAR- Dorong pengembangan potensi wisata agar semakin meningkat. Mahasiswa KKN Tematik Desa Wisata Gelombang 112 Universitas Hasanuddin menyelenggarakan program pengembangan potensi wisata di Kelurahan Borong Rappoa, Kecamatan Kindang, Bulukumba.

Mahasiswa KKN Tematik Desa Wisata Gelombang 112, Muhammad Haksan Pratama menyampaikan bahwa, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat lokal dalam memajukan potensi wisata di Borong Rappoa.

“Dengan memanfaatkan teknologi digital, mahasiswa KKN yang ada disini, berusaha memperluas jangkauan promosi wisata dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengelolaan wisata yang berkelanjutan,” bebernya, Rabu, 14 Agustus 2024

Adapun dijelaskan, beberapa langkah yang dilakukan untuk mengembangkan desa wisata meliputi pertama, lewat komitmen bersama dengan membangun kesepakatan dan tujuan bersama antara masyarakat dan pihak terkait. Setelah itu dilakukan identifikasi pitensi dengan menggali dan mengidentifikasi potensi wisata yang dapat dikembangkan.

Selanjutnya dilakukan analisa permasalahan lewat mengkaji tantangan dan hambatan yang dihadapi dalam pengembangan wisata.

“Kemudian merancang solusi untuk mengatasi dampak negatif dari aktivitas wisata, setelah itu menetapkan aturan dan kebijakan yang mendukung pengelolaan wisata berkelanjutan. Terpenting juga adalah integrasi kolaborasi dengan menggalang kerjasama antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan wisata bersama dalam rangka peningkatan kapasitas dan promosi objek wisata secara berkelanjutan,” paparnya.

News Feed