English English Indonesian Indonesian
oleh

Kapolres Pelabuhan Makassar Pimpin TFG Persiapan Pengamanan Pilkada 2024

FAJAR, MAKASSAR — Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Restu Wijayanto Pimpin pelaksanaan kegiatan TFG (Tactical Floor Game) Kontijensi Sispamkota Pilkada Serentak 2024 di Aula Mapolres, Kamis, 15 Agustus 2024.

Tactical Floor Game dihadiri oleh Wakapolres Kompol Sugeng Suprijanto serta seluruh PJU, Kabag Kasat dan para Kapolsek jajaran. Kegiatan ini untuk melatih respons menghadapi ancaman saat pilkada serentak 2024.

“Kegiatan TFG ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Pemilukada 2022-2025,” ucap Kasi Humas Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Hasrul.

Ia juga menyampaikan, Tactical Floor Game ini merupakan salah satu skenario yang dirancang untuk menghadapi kontijensi menjelang Pilkada. Tujuannya agar personel dapat memahami tindakan apa yang harus dilakukan saat menghadapi kontijensi dalam tahapan Pemilukada 2024.

Hasrul menambahkan, kegiatan Tactical Floor Game (TFG) ini menjadi wadah untuk berdiskusi, berkoordinasi, serta menyusun strategi pengamanan yang efektif demi menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada. Polres Pelabuhan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam menjaga proses demokrasi ini agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Simulasi kita gambarkan dalam kegiatan ketika kondisi atau distrik yang awalnya dalam keadaan aman, kemudian secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan. Semua kita praktikan dalam situasi aman, kemudian situasi hijau, kuning dan merah. Sehingga semua personel dalam keadaan siap. Mulai dari personel Polri yang melaksanakan Pam pada pleno PPD, tim negosiator, hingga tim tindak dalam bentuk penegakan hukum,” pungkasnya. (*)

News Feed