English English Indonesian Indonesian
oleh

Di Unhas Day, Rektor Harap UKM dan Lembaga Dapat Semangat Baru dari Maba

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Unhas Day, sebagai salah satu rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan berlangsung di GOR JK Arenatorium, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Kamis (15/08).

Turut hadir Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., para wakil rektor dan sekretaris universitas, dan dekan lingkup Unhas serta para mahasiswa baru dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lingkup Unhas.

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) dalam sambutannya menyampaikan Unhas Day merupakan rangkaian kegiatan PKKMB yang wajib diikuti mahasiswa baru Unhas. Kegiatan ini merupakan ajang pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan unit pendukung di Unhas.

Lebih lanjut, Prof Ruslin mengatakan melalui kegiatan Unhas Day, para mahasiswa baru dapat memperoleh gambaran awal yang berkaitan dengan aktivitas kemahasiswaan yang bertujuan untuk mendukung pengembangan bakat dan minat mahasiswa.

“Ini menjadi ajang untuk mengenal lebih dekat aktivitas kemahasiswaan di Unhas. Unhas memiliki 37 UKM yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mendorong pengembangan softskill mahasiswa agar lebih terarah,” jelas Prof Ruslin.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Rektor Unhas Prof JJ. Dalam sambutannya, Prof JJ menuturkan kehadiran Unhas Day yang merupakan rangkaian PKKMB Unhas menjadi wadah bagi para mahasiswa baru untuk lebih dekat dengan keluarga besar Unhas. Ini merupakan bagian dari penyempurnaan keunhasan yang tidak bersekat sekat.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan Unhas Day menjadi proses relaksasi bagi para mahasiswa baru setelah melalui rangkaian PKKMB yang telah berlangsung selama tiga hari. Menurutnya, ini merupakan hari berbahagia bagi unit kegiatan mahasiswa dan lembaga di Unhas. Dengan kegiatan ini ia berharap UKM dan lembaga mendapat semangat baru dari mahasiswa baru sehingga bisa semakin memajukan kampus.

“Kita adalah keluarga yang harus saling membantu, para mahasiswa baru harus menganggap dirinya adalah bagian terpenting Unhas. Unhas kita ibaratkan adalah koloni karang yang tumbuh kokoh berkat adanya persatuan dan menghilangkan sekat sekat. Melalui Unhas Day, kita berharap para mahasiswa baru bisa menemukan bakat dan minatnya sesuai UKM yang ada di Unhas,” jelas Prof JJ.

Secara umum, kegiatan ini dimeriahkan oleh penampilan-penampilan UKM lingkup Unhas. Para mahasiswa juga diberi kesempatan mengunjungi tenan UKM dan unit pendukung Unhas untuk mengetahui lebih jauh tentang kegiatan/program dan cara bergabung.(*)

News Feed