English English Indonesian Indonesian
oleh

Maba Unhas Diedukasi Cara Mengelola Sampah

FAJAR, MAKASSAR—Universitas Hasanuddin (Unhas) mulai menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (P2KMB). Kegiatan yang dipusatkan di di JK Arenatorium ini diikuti sembilan ribu maba, 12-17 Agustus 2024. Salah satu materinya, mengelolah sampah yang dihasilkan selama kegiatan.

P2KMB tersebut juga menggandeng bank sampah. Kepala Lab Riset Sanitasi dan Persampahan Fakultas Teknik Unhas, Dr Eng Ir Irwan Ridwan Rahim, MT menjelaskan mahasiswa diarahkan memilah sampah dari kotak snack mereka ke dalam tiga kelompok, plastik, organik/sisa makanan, dan kardus.

Sampah plastik dan kardus, akan didistribusikan ke Bank Sampah Induk Makassar, sedangkan sampah organik akan disalurkan ke peternakan di sekitar Kabupaten Gowa. Kegiatan memilah sampah tersebut, lanjutnya, sekaligus menjadi pilot project dari Pokja Persampahan yang disebut “Event Waste Management.”

Tujuannya, memperkenalkan konsep pengelolaan sampah yang diharapkan menjadi standar dalam setiap acara di Unhas.
“Pengelolaan sampah dimulai dari pemetaan timbulan sampah, strategi pemilahan, pengumpulan, hingga distribusi sampah terpilah, termasuk analisis kebutuhan sumber daya manusia cleaning service dan sarana persampahan lainnya,” tambahnya.

Diketahui, Unhas sendiri telah mendirikan Bank Sampah Pusat di Kampus Unhas Tamalanrea sejak Februari 2023. Inisiatif ini merupakan bagian dari jaringan Bank Sampah Induk Makassar dan beroperasi berdasarkan konsep ekonomi sirkular.
“Konsep Bank Sampah ini memungkinkan civitas akademika Unhas, termasuk mahasiswa, tenaga pendidikan, dan cleaning service, untuk menyetor sampah terpilah sebagai pengganti uang,” ucapnya.

News Feed