English English Indonesian Indonesian
oleh

Lomba Agustusan Tanamkan Nilai-nilai Karakter untuk Peserta Didik

FAJAR, MAKASSAR-  Untuk menyemarakkan perayaan HUT ke-79 RI, sekolah dari berbagai jenjang pendidikan menggelar berbagai lomba yang melibatkan peserta didik dan guru. Tak terkecuali SDN Gunung Sari 1 Makassar.

Sekolah yang terletak di Kelurahan Gunung Sari ini sengaja meliburkan aktivitas belajar mengajar, agar seluruh murid mulai kelas 1 hingga kelas VI ikut berpartisipasi, 13-17 Agustus 2024.

Kepala UPT SPF SDN Gunung Sari 1 Makassar, Idrus S.Pd, M.Pd menuturkan peserta didik tak sekadar dilibatkan  untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI saja, tetapi ada nilai-nilai karakter yang ditanamkan. Mereka dibiasakan punya sikap berkompetisi secara sehat.
Termasuk, kata dia, membangun kepercayaan diri mereka.

“Kita mengharapkan terbangun sifat-sifat terpuji dan karakter yang bagus dalam diri anak-anak,” ujar Idrus.

Selain itu, lanjutnya,  momentum Agustusan ini tak sekadar berkumpul dan bersuka cita saja, tetapi terbangun kolaborasi dan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua murid.

Sebelumnya, pembukaan Lomba Agustusan ditandai dengan pelepasan balon gas dipimpin kepala sekolah di lapangan, Selasa, 13 Agustus 2024. Kemudian dilanjutkan pertandingan bulu tangkis antarguru.

Kemudian, Rabu, 14 Agustus 2024, ada lomba mewarnai dan joget balon  misalnya untuk murid  kelas 1 dan 2. Khusus lomba mewarnai, kriteria penilaian mulai teknik menggambar, pemilihan warna sesuai dgn gambar nyata, kerapian dan harus colour full.

Hari berikutnya, ada lomba memasukkan pensil ke dalam botol, lomba tahan ketawa dan lomba lari kelereng.  Puncaknya, akan ada pawai keliling menggunakan kostum nuansa merah putih atau pakaian adat, setelah upacara bersama pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

News Feed