English English Indonesian Indonesian
oleh

Khairul Anam, Santri Penghafal Al-Qur’an yang Jadi Anggota DPRD Bone Termuda

FAJAR, BONE– DPRD Bone baru saja melantik 45 Anggota Dewan, pada Senin, 12 Agustus 2024. Dalam pelantikan itu, satu di antara dewan cukup menyita perhatian. Ialah Khairul Anam, Pria kelahiran Bone 1997 ini menjadi anggota DPRD Bone periode 2024-2029 termuda.

Dia tergabung dalam barisan partai berlambang Kabah, yakni Partai Persatuan Pembangunan. Saat ini usianya menginjak 27 tahun, namun yang unik dari pemuda yang parasnya mudah dikenali lewat kacamatanya ini, adalah ia backgroundnya sebagai sosok santri penghafal Quran.

Tak tanggung-tanggung, dirinya berhasil menamatkan hafalan 30 juz. “Alhamdulillah selesai hafalan (30 juz),” ujar Khairul saat ditanya FAJAR, Senin 12 Agustus.

Periode ini menjadi periode pertama Khairul menjabat sebagai Anggota DPRD, dia diketahui berhasil menjaring sebanyak 3446 suara di Dapil III Bone, (Bontocani, Kahu, Kajuara, Libureng, Salomekko, Patimpeng)

Selain karier politik yang mulai naik daun, khairul juga dinilai sebagai sosok pengusaha ulung, dirinya juga memiliki bisnis sawit, yang berbasis di Kalimantan.

Selain itu Khairul juga tercatat pernah menjadi event organizer atau EO sehingga manajemen publiknya tak perlu dipertanyakan lagi. Khairul bercerita backgroundnya pendidikannya sendiri cukup lama menimba ilmu agama, karena dirinya merupakan santri yang menimba ilmu di Pesantren Al-Ikhlas Ujung.

Selepas dari pesantren, dirinya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Islam tepatnya Jurusan Komunikasi Universitas PTIQ Jakarta. Dirinya sempat berdomisili di sana dimana dirinya juga telah menikah dan dikaruniai seorang anak, sebelum kembali mengabdikan diri di Bone sebagai anggota DPRD. Khairul mengatakan, dirinya mulai berkecimpung ke dunia politik sejak 2017 lalu dengan bergabung di PPP. “2017 mulai masuk partai politik, tapi politik praktis itu, di 2024,” jelasnya.

News Feed