English English Indonesian Indonesian
oleh

Wakil Rektor III Kenalkan La Macca Caraddeka, Maskot PKKMB UNM 2024

FAJAR, MAKASSAR-Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) Universitas Negeri Makassar (UNM) Tahun 2024 kali ini dibuat berbeda dari tahun sebelumnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Arifin Manggau mengenalkan maskot sebagai identitas mahasiswa baru UNM 2024. Menurut Arifin Manggau maskot PPKMB UNM divisualisasikan oleh sosok bernama La Macca Caraddeka, nama La Macca Caraddeka sendiri diberikan oleh Rektor UNM Prof. Karta Jayadi.

“Pak Rektor memberi nama maskot ini ‘La Macca Caraddeka’ ini berasal dari kata bugis “macca” yang memiliki arti cerdas atau bijaksana. Oleh karena itu, “La Macca Caraddeka ” dapat dimaknai sebagai seseorang yang memiliki kecerdasan atau kebijaksanaan,” ungkapnya.

Arifin Manggau yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kesenian Sulsel (DKSS) menerangkan bahwa nama maskot tersebut memiliki makna filosofis yang dalam dan juga menyiratkan harapan.

“Dalam Riwayat kajaolalido, ”La Macca Caraddeka” merujuk pada atribut kecerdasan, kebijaksanaan, dan kemampuan untuk memberikan nasihat yang bijak dan berharga,” katanya.

Karena itu, nama ‘La Macca Caraddeka’ yang disimbolkan kepada mahasiswa baru diharapkan agar mahasiswa baru bisa berproses dengan baik di UNM sehingga kelak bisa menjadi pemimpin hebat guna menjemput Indonesia emas 2045.

Oleh karena itu, La Macca Caraddeka menjadi maskot PKKMB UNM Tahun 2024 sebagai simbol menyambut mahasiswa baru UNM. “Yang memiliki kebijaksanaan dan kecerdasan yang mendalam sebagai calon pemimpin di masa depan,” harap Ketua Dewan Kesenian Sulawesi Selatan (DKSS) ini.

Pada PPKMB tahun mengusung tema “Era Baru Menuju Generasi Emas UNM yang Humanis” sebagai spirit kepemimpinan Prof. Karta Jayadi dan spirit Dies Natalis UNM yang Ke-63, yang akan digelar 15 Agustus 2024 dalam 2 Sesi, sesi pagi dan siang. (wis)

News Feed