English English Indonesian Indonesian
oleh

Yusuf-Tenri Liwang Borong Partai, Mitra-Irpan Berusaha Jegal Kolom Kosong di Pilkada Enrekang

FAJAR, ENREKANG-Pasangan bakal calon (paslon) Yusuf Ritangnga-Andi Tenri Liwang La Tinro telah mengumpulkan 18 kursi usungan untuk maju di Pilkada Enrekang. Mitra Fachruddin MB dan Muh Irpan pun berupaya masuk ke arena Pilkada. Hal ini agar tak terjadi calon tunggal melawan kolom kosong.

Yusuf-Tenri Liwang mendapatkan dukungan partai dari Nasdem 9 kursi, PKS (3), Demokrat (3), dan PBB (1), serta dukungan dari PSI. Sementara masih ada dua partai yang belum menentukan sikap yakni, Hanura 1 kursi dan PPP 2 kursi.

Hal ini menjadikan Hanura dan PPP penentu Pilkada Enrekang, calon tunggal melawan kotak kosong atau head to head. Apalagi, PAN sudah menjatuhkan dukungannya ke Mitra Fachruddin MB berpasangan dengan Mahmuddin yang merupakan birokrat Pemkab Enrekang. Selain itu, Golkar memberikan

dukungannya kepada Muh Irpan yang merupakan Ketua DPD II Golkar Enrekang yang berpasangan dengan Letkol Inf Deswanto Anto Marjanu. Jika kedua paslon ini gagal mencukupkan 6 kursi sebagai syarat usungan maka terjadi calon tunggal. Dari 30 kursi anggota DPRD Enrekang, hanya Partai

Nasdem yang memenuhi syarat mengusung paslon tanpa koalisi yang memperoleh 9 kursi di Pileg 2024. Namun, Nasdem sudah merapat ke Yusuf-Andi Tenri Liwang.

Ketua Bappilu Nasdem Enrekang, Umar mengungkapkan, untuk sementara pasangan Yusuf-Tenri Liwang mengantongi rekomendasi dari Nasdem, PKS, PKB, dan PBB. Kemudian untuk Demokrat sudah memberikan B1 KWK. Pasangan ini juga mendapatkan dukungan dari PSI.

“Nasdem belum (B1KWK), tapi insyaallah momentumnya mungkin di Kongres nanti diserahkan,” kata Umar. Dia menyebutkan, pihaknya juga masih menjalin komunikasi dengan Hanura dan PPP.

Kubu Mitra Fachruddin MB-Mahmuddin tak mau menyerah. Ketua DPD PAN Enrekang, Zulkarnain mengaku, saat ini berada di Jakarta untuk melakukan komunikasi dengan elite politik. Khususnya Hanura. “Kerja-kerja koordinasi usah dari awal memang itu. Insyaallah, tapikan kita dijanjikan (Hanura) mudah-mudahan sudah ada 1-2 hari rekomendasinya kan untuk B1KWK-nya kan,” katanya.

Begitu pun dengan Muh Irpan-Deswanto, Sekretaris DPD II Golkar Enrekang, Idris Sadik juga memastikan Muh Irpan maju di Pilkada Enrekang. “Iya kayaknya kan B1KWK (Golkar) sudah ada,” katanya.

Terkait koalisi Golkar untuk mencukupkan kursi Muh Irpan sebagai syarat maju di Pilkada Enrekang, Idris masih enggan membeberkannya. “Insyaallah cukup kursi pengusung), off the record. Nanti kita lihat. Tetap maju,” beber Idris.

Berebut Hanura

Ketua DPD Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok mengatakan, untuk Pilkada Enrekang pihaknya belum menentukan arah dukungannya. Namun, dua kandidat yang diusulkan yakni Yusuf Ritangnga dan Mitra Fachruddin MB. “Kita mengusulkan kedua-duanya (Mitra dan H Yusuf), kita sisa menunggu keputusan dari DPP siapa mau dibuatkan B1 KWK,” ucapnya.

Terkait dengan kejelasan waktu pengusungnya, kata dia, akan dilakukan secepatnya. “Kita target minggu depan sudah ada keputusan untuk Pilkada Enrekang siapa. Kita usung,” tuturnya. (sae-ams/*)

News Feed