English English Indonesian Indonesian
oleh

Target Unismuh Jadi Universitas Riset

*Rakhim Nanda
Rektor Baru Unismuh Makassar

FAJAR, MAKASSAR- Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Dr Ir Abd Rakhim Nanda MT IPU sebagai rektor Unismuh Makassar periode selanjutnya. Ia sebelumnya menjabat wakil rektor bidang akademik. Penyerahan Surat Keputusan (SK) pada Sabtu, 10 Agustus 2024 di Yogyakarta.

Kepada FAJAR, Rakhim Nanda membeberkan program-program yang akan dilakukan selama periodenya menjabat nanti. Tahun pertama, menarget akreditasi Unggul dan bereputasi nasional (Excellent and National Reputable University). Tahap ini telah tercapai dengan capaian akreditasi Unggul BAN PT. Setelah itu Fase menuju universitas riset dan bereputasi internasional. Riset (Toward Research and International Reputable University) pada 2024-2028.

“Pada fase ini, Unismuh akan menyusun tata kerja untuk internasionalisasi universitas melalui pembangunan sumber daya manusia, yang berkemampuan, berwawasan global, dan bersinergi secara global,” jelas Rakhim Nanda.

Selanjutnya, tahap ketiga yakni universitas bereputasi internasional (International Reputable University) pada 2028 hingga 2032. Pihaknya mempersiapkan fondasi sebagai universitas yang diakui secara internasional dengan indikator SDM yang berkemampuan, berwawasan global, dan bersinergi secara global.

Tahap keempat, Universitas Riset (Research University) pada 2032-2036. “Fokus pada tahap ini, pada peningkatan penelitian, kolaborasi nasional dan internasional, serta menghasilkan inovasi dan produk ilmu pengetahuan yang bereputasi internasional,” ujar pria berdarah Enrekang ini.

News Feed