English English Indonesian Indonesian
oleh

Suwardi-Selle “KIM Plus” di Soppeng, PDIP-PPP Cukup Buat Poros

FAJAR, MAKASSAR-Dukungan partai politik mengalir kepada pasangan calon kepala daerah (cakada) Soppeng, Suwardi Haseng dan Selle KS Dalle. Pasangan ini berhasil membentuk koalisi besar, bahkan menciptakan “KIM Plus.”

Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang muncul dalam Pilpres merupakan gabungan dari 10 partai politik, termasuk empat partai politik parlemen yaitu Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. “KIM Plus” menjadi sebutan setelah partai-partai lain seperti Nasdem dan PKS turut bergabung. Dengan terbentuknya koalisi tersebut, dipastikan bahwa untuk Pilkada Soppeng, KIM solid mendukung pasangan Suwardi Haseng dan Selle KS Dalle.

Saat ini, tersisa dua partai yang memiliki kursi di parlemen yang belum menyatakan dukungan kepada pasangan ini, sehingga ada potensi terbentuknya poros kedua. Dua partai tersebut adalah PDIP, yang memperoleh enam kursi, dan PPP, yang memiliki satu kursi. Diketahui bahwa syarat untuk mengusung cakada di Soppeng hanya membutuhkan 6 kursi.

Calon Wakil Bupati Soppeng, Selle KS Dalle mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menerima B1 KWK dari beberapa partai. Hal ini menjadi penyemangat bagi pihaknya untuk terus mengoptimalkan kerja-kerja pemenangan.

“Jadi yang sudah menyerahkan rekomendasi usungan ke kami yaitu Partai Nasdem, Golkar, Gerindra, dan Demokrat yang telah berkomitmen mengusung pasangan Suwardi Haseng dan Selle KS Dalle di Pilkada Sidrap,” tuturnya.

Dukungan itu akan bertambah dalam waktu dekat yang ditandai dengan akan adanya penyerahan rekomendasi dari beberapa partai lain. “Untuk penerimaan rekomendasi dari PKS sisa menunggu waktu dari DPP, jadi kami menunggu perintah kapan saja tetapi itu sudah bisa dipastikan mendukung,” ucapnya.

Mengalirnya dukungan dari partai-partai tersebut pihaknya akan mengoptimalkan kerja-kerja pemenangan. Terlihat dari kerja-kerja pemenangan elektoral pihaknya sudah mulai menyebarkan foto pasangan di beberapa titik di Soppeng. Termasuk silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat juga rutin dilakukan.

Sementara untuk tim pemenangan, kata dia itu sudah ada saat maju caleg provinsi, apalagi Suardi Haseng juga merupakan anggota DPR tiga periode di Soppeng dan satu periode di provinsi sehingga tim sudah ada. “Jadi relatif sebenarnya sisa penyegaran dengan tim-tim yang ada di lapangan, relatif sudah terbentuk sampai ke bawa,” katanya.

Selle mengatakan, visi utama yang dibawa dalam pertarungan ini adalah menciptakan pemerintah dan pembangunan yang berkesinambungan. Dia melihat semua ada sisi yang mesti dimaksimalkan terkait dengan potensi daerah. “Jadi begitu, pemerintahan itu semua harus berjalan berkesinambungan, sekarang tidak ada petahana makanya mesti kita isi ruang itu,” tuturnya.

Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) sebelumnya merilis survei terbarunya jelang kontestasi Pilkada Soppeng 2024 yang dihelat serentak pada 27 November. Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani mengatakan, dalam simulasi pasangan calon, jika pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Soppeng dilaksanakan saat survei diadakan (21-29 Mei 2024), pasangan Suwardi Haseng- Selle KS Dalle unggul 35 persen, Andi Mapparemma-Andi Adawiah 24.7 persen, dan pasangan Luthfi Halide-Andi Muh Farid Kaswadi 19.6 persen. “Responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 20.7 persen,” katanya.

Jika mengerucut hanya dua pasangan, maka pasangan Suwardi Haseng-Selle KS Dalle mendapatkan dukungan 44 persen dan Andi Mapparemma-Andi Adawiah 30.7 persen, dan responden yang menjawab tidak tahu 24.9 persen. “Dalam simulasi pasangan jika diikuti tiga atau dua pasangan calon, maka semakin sedikit pasangan calon dapat berpengaruh kepada penguatan dukungan masing-masing pasangan yang ikut dalam kontestasi pilkada Soppeng mendatang,” ucapnya. (sae/*)

Grafis:

Partai Pendukung

Suwardi Haseng-Selle KS Dalle

-Golkar 11 Kursi
-Demokrat 4 Kursi
-Gerindra 3 Kursi
-Nasdem 4 Kursi
-PKS 1 Kursi (dalam proses)

Total: 23 Kursi

Belum Mendukung

-PDIP 6 Kursi
-PPP 1 Kursi
Total: 7 Kursi (sae)

News Feed