English English Indonesian Indonesian
oleh

Khawatir Israel Diserang, Menteri Pertahanan AS Perintahkan Kapal Selam dan Kapal Induk Segera ke Timur Tengah

FAJAR, WASHINGTON–Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah memerintahkan kapal selam berpeluru kendali ke Timur Tengah dan memerintahkan kelompok penyerang kapal induk USS Abraham Lincoln untuk berlayar lebih cepat ke wilayah tersebut.

Hal itu diungkap Departemen Pertahanan AS pada Minggu waktu setempat. Langkah tersebut dilakukan ketika AS dan sekutu lainnya mendorong Israel dan Hamas untuk mencapai perjanjian gencatan senjata yang dapat membantu meredakan ketegangan.

Ketegangan meningkat di kawasan tersebut menyusul pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan seorang komandan senior Hizbullah di Beirut.

Para pejabat AS telah mewaspadai serangan balasan oleh Iran dan Hizbullah atas pembunuhan tersebut, dan AS telah meningkatkan kehadirannya di wilayah tersebut.

Mayor Jenderal Pat Ryder, sekretaris pers Pentagon, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Austin berbicara dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada hari sebelumnya, dan menegaskan kembali komitmen Amerika untuk mengambil setiap langkah yang mungkin untuk membela Israel dan mencatat penguatan postur kekuatan militer AS dan kemampuan di seluruh Timur Tengah sehubungan dengan meningkatnya ketegangan regional.

Lincoln, yang telah berada di Asia Pasifik, telah dipesan ke wilayah tersebut untuk menggantikan kelompok penyerang kapal induk USS Theodore Roosevelt, yang dijadwalkan mulai pulang dari Timur Tengah. Pekan lalu, Austin mengatakan Lincoln akan tiba di area Komando Pusat pada akhir bulan ini.

News Feed