English English Indonesian Indonesian
oleh

Tingkatkan Peluang Karier dan Pengembangan Profesional, Mahasiswa Bahasa Indonesia PPG Prajabatan Unismuh Gelar Seminar Public Speaking

FAJAR, MAKASSAR — Mahasiswa PPG Prajabatan jurusan bahasa Indonesia menyelenggarakan workshop public speaking bertemakan “Public Speaking Sebagai Peningkatan Peluang Karier dan Pengembangan Profesional” di SMKN 3 Gowa, Sabtu, 10 Agustus 2024. Ini merupakan penerapan mata kuliah Proyek Kepemimpinan, berfokus untuk memberikan pembekalan kepada peserta didik tentang pentingnya public speaking terkhusus bagi mereka siswa SMK yang akan menghadapi dunia kerja, yang diikuti sebanyak 62 peserta.

Dr Aida Azis selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan motivasi peserta didik untuk berani tampil di hadapan umum dengan berbekal keterampilan public speaking yang baik.

Pada kegiatan ini terdapat dua materi yang dibawakan, materi pertama “Mengenal Public Speaking dan Pentingnya Public Speaking” dibawakan oleh Ronisalasa yang merupakan Ketua Asosiasi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia (AGBSI) Sulawesi Selatan.

Ia menekankan bahwa public speaking itu merupakan salah satu amunisi yang harus dipersiapkan seseorang sebelum memasuki dunia profesional. Public speaking bukan hanya di dunia kerja, tetapi skill ini sangat berguna dilingkup pendidikan dan juga saat berorganisasi.

Selanjutnya, materi kedua “Coaching Public Speaking” dibawakan oleh Muhammad Thahir yang lebih akrab disapa Thahirtalas, merupakan Dosen Public Speaking Universitas Muhammadiyah Makassar. Dengan pengalamannya yang sudah biasa membawakan materi hingga kancah internasional, ia menyampaikan bahwa public speaking dapat menumbuhkan relasi profesional. Semakin besar relasi, semakin besar peluang dan potensi perkembangan karier seseorang.

News Feed