English English Indonesian Indonesian
oleh

Diskop Makassar Wadahi Kreativitas dan Inovasi Pelaku UMKM Lewat UMKM Fiesta

FAJAR, MAKASSAR—UMKM Fiesta 2024 yang dirangkaikan dengan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) secara resmi dibuka di Anjungan City of Makassar, Jumat (9/8/2024).

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar ini akan berlangsung selama tiga hari, sejak 9 hingga 11 Agustus 2024.

Mengusung tema “Kemeriahan Hari Kemerdekaan, Membersamai Perjuangan dalam Pemajuan UMKM”, event ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik.

Pengunjung dapat menikmati penampilan spesial dari band UNGU, talkshow, kompetisi, pertunjukan band, penampilan seni tradisional, pertunjukan seni, dan permainan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar, Muhammad Reza, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan pelaku UMKM di wilayah Kota Makassar.

“Ini adalah tahun kedua pelaksanaan kegiatan ini, dan alhamdulillah lebih meriah, apalagi bersamaan dengan pelaksanaan KIM Fest,” ujarnya.

Kegiatan ini juga untuk mempromosikan produk UMKM, meningkatkan kapasitas dan keterampilan pelaku UMKM, membangun jaringan dan kolaborasi, mendorong kreativitas dan inovasi, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Alhamdulillah, kami juga mendapat dukungan dari perbankan,” tambahnya.

Sekretaris Daerah Kota Makassar, Firman Pagarra, menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Kominfo dan seluruh kementerian terkait atas dipilihnya Makassar sebagai tuan rumah KIM Fest 2024.

“Ini pertama kalinya event ini digelar di luar Pulau Jawa. Kami sangat berterima kasih dan berharap KIM Fest 2024 ini menjadi penanda bahwa Makassar memang layak menjadi kota festival tepian air,” ujarnya.

Pagarra mengajak seluruh pihak untuk memanfaatkan kesempatan ini guna memperkuat jaringan, berbagi pengetahuan, dan saling mendukung.

“Bersama-sama, kita dapat menciptakan ekosistem yang lebih baik bagi UMKM dan mewujudkan Kota Makassar sebagai kota yang maju dan berdaya,” tutupnya.

UMKM Fiesta dan KIM Fest 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk memamerkan produk mereka, sekaligus memperluas jaringan bisnis dan meningkatkan kapasitas usaha mereka.(wis)

News Feed