English English Indonesian Indonesian
oleh

Preview Spanyol vs Prancis di Final Olimpiade 2024: Perebutan Emas Bersejarah

FAJAR, PARIS—Tuan rumah Prancis akan menghadapi Spanyol di final sepak bola Olimpiade, malam nanti. Bakal sengit mengingat mereka sama-sama ingin mengakhiri penantian penjang meraih medali emas.

Prancis meraih satu-satunya medali emas olimpiade mereka pada 1984 di Los Angeles. Saat itu, Les Bleus menang 2–0  atas Brasil di final. Sejak itu, mereka tidak pernah lagi mencapai semifinal dalam 40 tahun.

Sedangkan Spanyol, mereka meraih medali emas 32 tahun lalu yakni di Olimpiade 1992 Barcelona. Di partai puncak, mereka menang 3–2  atas Polandia. Sementara di Olimpiade 2000 Sydney dan 2020 Tokyo, mereka hanya meraih perak.

Tim Matador kalah 3-5 dalam drama adu penalti melawan Kamerun setelah bermain imbang 2-2 di final Olimpiade Sydney. Selanjutnya, mereka kalah 1-2 di babak extra time melawan Brasil di Tokyo, tiga tahun lalu.

Dengan status mereka sebagai tuan rumah, Prancis jelas berharap bisa kembali mendulang emas. Apalagi perjalanan mereka ke final sangat meyakinkan.

Pasukan Thierry Henry mengawali turnamen dengan menyapu bersih kemenangan di fase grup dan tanpa kebobolan satu gol pun. Setelah itu, mereka menekuk Argentina dengan skor 1-0 di delapan besar.

Mesir memberi mereka kesulitan paling besar di semifinal setelah Mahmoud Saber merusak rekor pertahanan Tim Ayam Jantan. Namun, brace Jean-Philippe Mateta dan satu gol Michael Olise bisa memastikan Prancis menang 3-1 dalam pertarungan 120 menit itu.

“Kami telah menantikan hal ini cukup lama, sekarang kami harus mengincar medali emas namun akan sulit melawan Spanyol, mereka selalu berhasil mencapai final. Kita tidak boleh terlalu bersemangat tetapi ini semua menyenangkan,” kata Thierry Henry di situs FFF.

News Feed