English English Indonesian Indonesian
oleh

Rogoh Rp1,2 Miliar, Jepang Bantu Bangun Sekolah Islam di Bulukumba

Sekolah ini berkontribusi dalam meningkatkan standar pendidikan di daerah tersebut. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, hanya ada dua ruang kelas yang tersedia untuk sekitar 70 anak di empat kelas.

Ini berarti setengah dari sekitar 40 pendaftar yang mendaftar setiap tahun tidak dapat diterima, dan satu ruang kelas harus dibagi antara dua kelas.

Selain itu, sekolah ini tidak memiliki perpustakaan, ruang staf, serta hanya dua toilet yang digunakan bersama dengan taman kanak-kanak yang terletak di lokasi sekolah.

Untuk memperbaiki situasi tersebut, Pemerintah Jepang mendukung Yayasan Al-Irsyad Bulukumba melalui proyek ini untuk membangun empat ruang kelas baru, ruang staf, perpustakaan, dua toilet, serta peralatan dan perlengkapan sekolah.

Sebagai hasilnya, lingkungan pendidikan dapat ditingkatkan menjadi lebih nyaman, yang mengarah pada peningkatan jumlah siswa. Jumlah siswa semula sebanyak 69 siswa, setelah adanya dukungan meningkat menjadi 153 siswa, atau sekitar 2,2 kali lipat.

“Sehingga hal ini memungkinkan sekolah untuk berkontribusi lebih banyak lagi dalam meningkatkan standar pendidikan di wilayah tersebut,” katanya.

Wakil Bupati Bulukumba A Edy Manaf juga berterima kasih pada Pemerintah Jepang yang telah mendukung peningkatan pendidikan di Bulukumba.

“Saya bangga dan mengapresiasi cara dan upaya dilakukan yayasan untuk menjemput program di luar sana, terima kasih pemerintah Jepang atas bantuanya kepada dunia pendidikan di Bulukumba,” kata Edy Manaf. (akb/zuk)

News Feed