English English Indonesian Indonesian
oleh

Komunikasi Organisasi KNPI Antar Jurnalis Harian FAJAR Raih Doktor

FAJAR, MAKASSAR— Jurnalis Harian FAJAR, Sakinah Fitrianti Baharuddin berhasil mempertahankan desertasinya berjudul “Implementasi Komunikasi Organisasi KNPI dalam Pendidikan Politik Milenial di Sulsel” dalam ujian promosi doktor yang berlangsung di di Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Rabu, 7 Agustus 2024.

Ia pun meraih predikat Sangat Memuaskan dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK), 3,93 pada Bidang Dakwah dan Komunikasi UINAM. Gelar doktor diraihnya dalam usia yang relatif masih muda, 30 tahun.

Di hadapan para promotor, Sakinah menjelaskan komunikasi organisasi KNPI yang menjadi bahan penelitian disertasinya itu dianggap mampu membangun komunikasi organisasi yang baik, sehingga melahirkan kader yang berdiaspora keluar dengan beragam profesi dan keahlian.

“Itu karena adanya komunikasi yang memegang peran penting bagi organisasi saat menghadapi perubahan baik lingkup internal maupun eksternal,” ucapnya.

Menurutnya, implikasi komunikasi organisasi mampu melahirkan pola komunikasi yang baik dalam bentuk jalur koordinasi dan program kerja. Sementara hasil temuan lainnya dalam penelitian ini adalah, ditemukannya bentuk-bentuk pendidikan politik terhadap milenial dari komunikasi organisasi yang dibangun ketua KNPI.

Berupa sosialisasi pemilu 2024, pelatihan politik pemuda dan layanan konsultasi politik dengan dilakukannya MoU antara KNPI dengan salah satu Lembaga Konsultan Politik. “Komunikasi organisasi juga menunjang eksistensi KNPI hingga saat ini. Itu dilakukan lewat komunikasi secara internal dan secara eksternal yang dilakukan oleh ketua KNPI,” katanya.

News Feed