English English Indonesian Indonesian
oleh

Imbau Kerja Tim, Bawaslu Bone Pastikan Diri Siap Hadapi Pilkada

BONE, FAJAR — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bone memastikan diri siap untuk menghadapi Pilkada 2024.

Ketua Bawaslu Bone Alwi mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan jelang hari H. Pun tim telah diberikan pembekalan ke tim fasilitas (Timfas) lewat monitoring dan evaluasi (monev), Selasa, 6 Agustus 2024.

Dia mengatakan Timfas harus mempersiapkan pengawasan pada tahapan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan dimulai pada 27 Agustus 2024.

“Timfas Pengawasan Pencalonan Bawaslu Kabupaten Bone telah dibekali segala bentuk persiapan oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan. Ilmu yang kita dapat diimplementasikan pada saat kita melakukan pengawasan langsung maupun tidak langsung nantinya,” ujar Alwi, Rabu, 7 Agustus 2024.

Alwi menekankan pentingnya bagi Timfas pengawasan untuk selalu bekerja sama dan saling mem-backup dalam menjalankan tugas pengawasan tahapan pencalonan dan tahapan-tahapan pemilihan ke depan.

Harapannya tahapan dapat berjalan sesuai dengan regulasi dan prosedur yang ada, sehingga dapat mewujudkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 yang adil dan aman.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Adnan Jamal, menekankan pentingnya pemetaan pasal-pasal dalam regulasi pencalonan untuk memastikan pengawasan berjalan efektif dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Khususnya dalam regulasi yang mengatur tahapan pencalonan Bupati dan Wakil Bupati. Kita memiliki keterbatasan dalam menghapal pasal-pasal, ada pasal dalam Kompilasi UU Pemilihan, pasal dalam PKPU, pasal dalam Perbawaslu, serta pedoman teknis, jadi harus dipetakan agar dalam melakukan pengawasan pencalonan berjalan dengan efektif,” jelas Adnan.

News Feed