English English Indonesian Indonesian
oleh

Tasming, Erna, Zaini Ingin Koalisi Gemuk di Pilwalkot Parepare

HARIAN.FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Tiga kandidat untuk Pemilihan Wali Kota Parepare telah mengerucut. Mereka bersaing untuk mendapatkan dukungan partai guna membentuk koalisi mayoritas.

Syarat untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota adalah dukungan dari 20 persen dari 25 kursi DPRD Parepare hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, yaitu 5 kursi. Saat ini, hanya Partai Golkar yang mampu mengusung calon tanpa harus berkoalisi.

Partai Beringin ini dipastikan akan memberikan rekomendasi kepada pasangan calon Wali Kota (Cawalkot) dan Wakil Wali Kota (Cawawalkot) Erna Rasyid-Rahmat Sjamsu Alam (RSA). Pasangan calon ini juga telah mendapatkan dukungan dari Demokrat dengan 2 kursi, sehingga total 7 kursi sudah di tangan mereka.

Tasming Hamid (TSM) juga telah mendapatkan dukungan 5 kursi, yaitu dari Partai Nasdem (3 kursi) dan PKS (2 kursi). Partai Gelora yang memiliki 2 kursi berpotensi untuk bergabung dengan TSM, sehingga mereka juga bisa mengamankan total 7 kursi. Sementara itu, Muhammad Zaini masih menunggu dukungan dari Partai Gerindra dengan 3 kursi dan PKB dengan 2 kursi. Namun, ketiga kandidat ini kini tengah berupaya membentuk koalisi mayoritas dengan empat partai lainnya, yaitu PPP (2 kursi), PAN (2 kursi), PDIP (1 kursi), dan Hanura (1 kursi).

Mau lebih lengkap, baca harian fajar edisi Selasa, 6 Agustus 2024 atau melalui koran digital https://epaper.fajaronline.co.id/form-login.fajar (ams/ham)

News Feed