English English Indonesian Indonesian
oleh

Pelatih Chelsea Enzo Maresca sebut Peraturan Liga Paksa Conor Gallagher Hengkang

FAJAR, LONDON–Pelatih Chelsea, Enzo Maresca membela keputusan The Blues untuk menjual Conor Gallagher. Ia mengatakan klub terpaksa menjual pemain akademi karena aturan pengeluaran Liga Premier.

Gallagher mendekati kepindahan senilai £33 juta ke Atletico Madrid dan dijadwalkan berada di Spanyol minggu ini untuk menjalani tes medis dan menyelesaikan kepergiannya dari Chelsea.

Gelandang tersebut akan menjadi lulusan akademi terbaru yang meninggalkan Chelsea, dengan The Blues juga mencoba menjual Trevoh Chalobah dan Armando Broja musim panas ini.

Penjualan pemain akademi telah membantu Chelsea menyeimbangkan pembukuan setelah menghabiskan lebih dari £1 miliar di pasar transfer sejak mereka diambil alih pada tahun 2021.

Pendekatan mereka telah dikritik tetapi Maresca mengatakan klub terpaksa menguangkan pemain akademi karena aturan keuntungan dan keberlanjutan Liga Premier (PSR).

Menjual pemain akademi dianggap sebagai keuntungan murni dalam rekening keuangan klub dan Maresca menyerukan perubahan peraturan untuk melindungi pemain muda.

“Ini bukan masalah Chelsea, ini adalah peraturannya. Semua klub saat ini terpaksa menjual pemain akademi karena aturan. Itu semua masalah klub-klub Liga Premier,” tegas Maresca di The Standard.

Ditanya apakah PSR perlu berubah, Maresca menjawab: “Jika mereka ingin melindungi pemain akademi, mungkin ya.”

Menurutnya, dirinya selalu berusaha memaksimalkan pemain akademi. Akan tetapi, mereka tidak punya pilihan lain.

“Tentu saja [Saya ingin mempromosikan pemain akademi ke tim utama dan tidak menjual mereka demi keuntungan]. Saya juga berpikir niat klub bukan untuk menjual pemain dari akademi, tapi pada akhirnya sudah menjadi aturan bahwa Anda harus melakukannya,” tegasnya.

News Feed